Plh Bupati HSU Zakly Asswan Harap Bank Kalsel Dukung Kemajuan UMKM Kota Amuntai - INFO PUBLIK NEWS

Wednesday, November 9, 2022

Plh Bupati HSU Zakly Asswan Harap Bank Kalsel Dukung Kemajuan UMKM Kota Amuntai

 

Plh Bupati HSU Zakly Asswan saat sambutan 


BANJARMASIN -IPN- Guna menyerap aspirasi para pimpinan daerah dalam program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bank Kalsel menggelar "Bank Kalsel Shareholders Conference" jilid II


Diikuti seluruh bupati/walikota se-Kalimantan Selatan kegiatan ini digelar di halaman bekas kantor Gubernur Kalsel di Kota Banjarmasin, Rabu (9/11) 


Direktur Utama Bank Kalsel Hana Wijaya mengatakan Bank Kalsel ingin memberikan perhatian besar bagi perkembangan dan kemajuan UMKM di daerah, sebab sekitar 80 persen serapan tenaga kerja dari UMKM.


Bahkan untuk menunjukkan keseriusan itu, ujar Hana, pada 1 Maret 2022, Bank Kalsel membentuk divisi khusus UMKM.


"Bank Kalsel memiliki program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp800 miliar, bahkan target tahun depan harapan kami bisa tercapai hingga Rp1 triliun,  supaya gerakan ekonomi UMKM lebih nyata lagi,"  ucap Hana 


Hana menambahkan dari data Dinas Koperasi dan UMK Provinsi Kalimantan Selatan, pada 2019 UMKM di Kalsel tercatat tumbuh sebanyak 461 ribu, setelah memasuki 2021 menurun ke 356 ribu karena terdampak COVID-19. Namun pada 2022 ini diperkirakan naik sekitar 10 persen lebih.


Plh. Bupati HSU Drs. H. Zakly Asswan, MM yang turut hadir mengapresiasi kegiatan tersebut menjadi wadah untuk bertukar pikiran antara pemerintah daerah dengan  Bank Kalsel untuk kedepannya bisa membuat terobosan baru dalam pengembangan UMKM yang ada di daerah. 


Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan keunikan alamnya yang 89% terdiri oleh lahan rawa tapi semangat dan kreatifitas masyarakat untuk maju tidak bisa dipandang sebelah mata.








Hal ini dilihat dari banyaknya UMKM yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara diantaranya kerajinan anyaman rotan, eceng gondok, purun, bamban, meubel kayu dan aluminium, serta olahan makanan berbahan dasar alami seperti kerupuk ikan, dendeng itik alabio dan telor asin yang sudah dipasarkan bahkan hingga ke mancanegara. 


Zakly berharap ada terobosan baru dari bank Kalsel yang bisa membantu perkembangan UMKM di HSU baik itu dari segi permodalan maupun pengembangan kemasyarakatannya melalui pelatihan kerajinan yang ini tentunya bisa menyerap lapangan pekerjaan demi kemajuan perekonomian di HSU. 


Selain itu Zakly juga mengatakan pengaruh digitalisasi juga berperan penting demi kemajuan UMKM makan dari itu pengembangan Sumber Daya Manusia dari segi kreatifitas maupun  pengetahuan ilmu teknoligi juga jadi pemicu kemajuan  ekonomi di daerah.


"Oleh karena itu sangat strategis kalau Bank Kalsel mau mendukung pemerintah daerah dalam rangka membangkitkan ekonominya lewat UMKM ini," tandasnya.


Sumber: Prokopim Setda HSU untuk Info Publik News

Uploder: Tim 



Comments


EmoticonEmoticon