Dispur Kab.HSU Edukasi Aparatur Desa Lewat Pengelolaan Arsip Terintegrasi - INFO PUBLIK NEWS

Tuesday, October 25, 2022

Dispur Kab.HSU Edukasi Aparatur Desa Lewat Pengelolaan Arsip Terintegrasi


Momen kegiatan 


AMUNTAI -IPN- Dinas Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Utara, melaksanakan Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa, dalam pengelolaan arsip. Kegiatan ini dibuka Plt Kepala Dinas Perpustakaan HSU H Karyanadi, Rabu (25/10) di Lantai III Dispur HSU.

Ada 50 kepala desa yang ikut dalam sosialisasi ini, dari 214 desa yang ada di HSU. Tema 'Mari Kita Ciptakan Aparatur Pemerintah Desa Yang Disiplin Berinovasi dan Akuntabel'.

Plt Kadis Perpustakaan HSU H Karyanadi, mengatakan kegiatan sosialisasi ini dalam rangka meningkatkan kemampuan aparatur desa, yang terpilih dalam pemilihan kepala desa pada tahun ini.

"Sosialisasi ini berlangsung selama dua hari dari 25-26 Oktober 2022," ujar Karyanadi.

Lewat pengelolaan kearsipan desa yang terintegrasi lanjutnya, diharapkan menjamin terciptanya arsip dari kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah desa, sebagai bukti akuntabilitas kinerja aparatur pemerintah desa.

Selanjutnya, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman, khusus bagi kepala desa yang baru terpilih, dilingkungan Pemerintahan Kabupaten HSU.

"Lewat pembelajaran keterampilan tentang penataan dan pengelolaan kearsipan desa yang sesuai dengan kaidah-kaidah kearsipan dan peraturan perundangan-undangan, desa bisa langsung menerapkan," sampainya.





Sementara itu, Junaidi anggota DPRD HSU, hadir dalam kegiatan tersebut, menyampaikan kedisiplinan, inovasi dan akuntabel dalam roda pemerintahan desa menjadi salah satu upaya meningkatkan kepercayaan bagi warga pada pemdes, serta tata kelola arsip.

"Tata kelola arsip yang baik, penting dalam mendukung tata kelola pemerintahan desa yang akuntabel," ujarnya di sela-sela kegiatan kemarin.

Kegiatan ini dihadiri, Anggota DPRD HSU Junaidi sebagai pemateri, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan narasumber lainnya dari dinas terkait lainnya.


Sumber: Info Publik News

Penulis: Mat

Uploder: Tim



Comments


EmoticonEmoticon