Plt Bupati Kab.HSU Pimpin Peringatan Hari Otonomi Daerah Tahun 2022 Tingkat Kabupaten - INFO PUBLIK NEWS

Monday, April 25, 2022

Plt Bupati Kab.HSU Pimpin Peringatan Hari Otonomi Daerah Tahun 2022 Tingkat Kabupaten


Foto bersama Plt Bupati HSU H Husairi Abdi Lc dan unsur Forkopimda HSU


AMUNTAI -IPN- Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Pelaksana Tugas (Plt) Bupati HSU, Husairi Abdi mengikuti peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke XXVI Tahun 2022 oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bertempat di Mess Negara Dipa, Senin (25/4/2022).


Kegiatan tersebut berlangsung secara luring dan daring dari Kantor Pusat Kemendagri. Diikuti oleh seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia.


Pada peringatan Hari Otda tahun ini, Direktorat Jenderal Otda Kemendagri mengambil tema "Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Wujudkan ASN yang Proaktif dan BerAKHLAK dengan Membangun Sinergi Pusat dan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045."


Direktur Jendral Otonomi Daerah, Akmal Malik, mengatakan peringatan ini sebagai wadah Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk melakukan refleksi pencapaian kebijakan Otonomi Daerah.


Selain wadah antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Akmal Malik juga mengatakan tujuan peringatan ini sebagai pengingat komitmen pemerintah mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.


"Mendukung pembentukan karakter ASN yang proaktif dan berakhlak serta membangun sinergitas pusat dan daerah dalam mewujudkan Indonesia emas 2045." ucap Akmal Malik.


Sementara, Sekretaris Jendral Kemendagri, Suhajar Diantoro yang membacakan sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, mengatakan secara filosofis tujuan dilaksanakannya Otonomi Daerah dengan mendelegasikan sebagian kewenangan, sebagian urusan pemerintahan, untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.


“Setelah dua puluh enam Tahun berlalu, Otonomi Daerah telah memberikan dampak positif dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka index index pembangunan manusia, bertambahnya PAD, dan bertambahnya fiskal daerah." pungkasnya.


Acara puncak peringatan Hari Otda juga turut dimeriahkan dengan launching Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (SI LPPD) Versi 1.1 dan Konsultasi Virtual (Kovi) Otda.


Sumber: Humpro Setda HSU dan Diskominfosandi untuk Info Publik News

Uploder: Tim


Comments