-->

Kebakaran Lahan di HSU, BPBD Kalsel Terjunkan 1 Unit Helikopter Water Bombing


Upaya pemadaman menggunakan Helikopter Water Boombing


AMUNTAI - Info Publik News - Untuk memadamkan kebakaran lahan yang terjadi diarea Desa Mawar Sari Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (11/08/2021) kemarin.


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel menerjunkan satu unit Helikopter untuk operasi pemadaman kebakaran lahan melalui udara (Water Boombing).


Tak hanya dengan cara Water Boombing petugas pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dari Manggala Agni bersama personil Polsek Amuntai Kota dibantu relawan Rescue Patarikan juga melakukan pemadam melalui jalur darat.


"Akibat kebakaran lahan ini, sekitar 10 hektar lahan gambut hangus terbakar," ujar personil Polsek Amuntai Kota Aiptu Rofik PN yang terlibat langsung dalam pemadaman.






Beruntung akibat kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, padahal kobaran api sudah menyasar dan mendekati ke pemukiman warga.


Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar, karena asap yang ditimbulkan kebakaran tak hanya menggangu kesehatan saja namun juga dapat merusak ekosistem.


"Saya himbau kepada masyarakat HSU untuk tidak membakar hutan dan lahan, karena apabila kedapatan dengan sengaja melakukan pembakaran bisa dipidanakan sesuai hukum berlaku." Katanya.



Sumber: Info Publik News

Penulis: Awi

Uploder: Tim

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment