-->

Dosen Fakultas Pertanian ULM Bagi Kiat Teknologi Pengelolaan Ubi Alabio di Desa Murung Asam


Kegiatan pengabdian pada masyarakat dari Fakultas Pertanian ULM Banjarmasin di Desa Murung Asam Kecamatan Sungai Pandan.


AMUNTAI -IPN- Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin melalui Fakultas Pertanian Jurusan Teknologi Industri Pertanian melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat di Desa Murung Asam Kecamatan Sungai Pandan sejak Sabtu 28 - Minggu 29 Agustus 2021 besok.


Tim ini dipimpin langsung Dr Ir Tanwirul Millati MP yang merupakan dosen Fakultas Pertanian ULM.  Misi yang dibawa yakni memberikan edukasi gizi, manfaat kesehatan dan teknologi pengolahan Ubi Alabio yang banyak dibudidayakan warga sekitar lokasi pengabdian.


Karena Pandemi Covid-19 peserta dari Kelompok Tani Wanita Bahagia III merupakan kader desa dari 4 RT tersebut tak sampai 20 peserta. Hal ini agar kegiatan tidak menimbulkan kerumunan ditengah Pandemi seperti saat ini.


Dr Tanwirul Millati MP pada pemaparan materi menyampaikan ubi Alabio atau ubi dengan tumbuh menjalar tersebut banyak tersebar di Indonesia. Bahkan jenisnya mencapai ratusan jenis umbi.


Ubi juga terangnya bisa dibedakan dari bentuk ukuran, warna maupun dari tekstur ubi. Hal ini dipengaruhi faktor lokasi ubi tersebut ditanam termasuk penggunaan pupuk.


"Untuk Ubi Alabio memang memiliki karakter ubi tersendiri. Sebab lebih ungu dibandingkan ubi jalar pada umumnya meski ada juga yang berwarna lebih soft seperti putih," kata dosen senior ULM tersebut.


Nah untuk manfaat kesehatan, ubi ini sebagai alternatif pangan yang sehat dan rendah kadar gula dengan karbohidrat tinggi. Sehingga sangat cocok menjadi bahan pangan bagi pasien yang menderita diabetes melitus.








Masih lanjut Tanwirul pada peserta ubi ini juga kaya manfaat khususnya bagi warga yang ingin menurunkan berat badan cocok mengkonsumsi ubi ini sebab mengandung serat dan mineral yang diperlukan tubuh.


Terkait besarnya potensi ubi Alabio di daerah ini hendaknya dimanfaatkan dengan memanfaatkan teknologi tepat guna pengolahan pangan. Misalnya  hasil panen yang melimpah petani industri skala kecil dengan membuat camilan maupun kue berbahan ubi Alabio.


"Hari ini kami memberikan pelatihan pada kader membuat olahan makanan berbahan dasar ubi Alabio seperti Ice Cream, Sawut Instan sampai dengan Brownies maupun bolu kukus maupun oven," terangnya.


Lewat kegiatan ini, diharapkan desa ini dikenal luas lewat olahan bahan baku ubi Alabio. Disamping membuka peluang usaha dalam meningkatkan pendapatan keluarga dan masyarakat sekitar lewat pemanfaatan teknologi pertanian.


"Saya harap lahan pekarangan rumah maupun kebun sebagian ditanam dengan ubi Alabio, sebab perawatan sangat sederhana dan juga berpotensi sebagai penambah pendapatan keluarga," imbaunya.


Sementara itu, Camat Sungai Pandan Surya Supi SSTP melalui Plt Kades Murung Asam Ellya Noor Fatmi S.Sos menyampaikan terima kasih atas perhatian Fakultas Pertanian ULM yang menjadikan desa ini sebagai lokasi pengabdian kepada masyarakat.


"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini mewakili pemerintah kecamatan dan desa. Harapan, para kader bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan pemanfaatan teknologi pengelolaan hasil pertanian ini," sampainya.


Kegiatan ini juga dihadiri Tim ULM dari Fakultas Pertanian yakni Ir Hj Herliani M.Si, Susi S.T.P, M.Si dan Hemy Sriana S.Si. Sampai berita ini di tayangkan kegiatan pelatihan pengelolaan hasil pertanian ubi Alabio masih berlangsung di bawah bimbingan tim dari Fakultas Pertanian ULM Banjarmasin. (*)



Sumber: Info Publik News

Penulis: Mat

Uploder: Tim


Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment