-->

Dinas Ketahanan Pangan Kab.HSU Gelar Lomba Menu Beragam Bergizi dan Aman


Proses penilaian lomba B2SA di halaman Kantor DKP HSU

AMUNTAI -IPN- Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) gelar lomba masak dengan bahan pangan non beras untuk menu B2SA atau beragam, bergizi seimbang dan aman. Acara berlangsung di halaman Kantor DKP HSU Rabu (29/9) baru ini.

Kegiatan diikuti ibu-ibu tim PKK dari 10 kecamatan yang ada di wilayah ini dibuka ketua TP PKK HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid dan dihadiri Kepala DP2KB HSU Fachruddin SE.

Lomba digelar meliputi menciptakan masakan dengan bahan baku berbasis pangan non beras yang tentunya dapat beragam, bergizi, seimbang dan aman dengan tujuan membangun kebiasaan mengkonsumsi makanan beragam dengan porsi seimbang.

"Tantangan lomba ini, peserta membuat makanan olahan yang berasal dari pangan lokal non -beras seperti labu kuning, ubi, tepung teratai yang memiliki karbohidrat namun tetap memperhatikan nilai gizi yang seimbang," ucap Fachruddin.

Lanjut kadis untuk memenuhi masyarakat yang cerdas, aktif dan produktif,  tiap individu harus memperhatikan asupan gizi yang seimbang yang dikonsumsi dalam percepatan pemahaman masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi pangan lokal B2SB. Dan lomba ini juga menjadi sarana edukasi masyarakat dalam berkreasi menu.

"Harapannya kami lomba ini berdampak positif terhadap peningkatan kreatifitas," katanya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten HSU Hj Anisah Rasyidah menyambut baik kegiatan lomba pengolahan pangan lokal ini.

Menurutnya, lomba pengolahan pangan lokal beragam, bergizi dan seimbang ini besar manfaatnya khususnya di kalangan ibu-ibu peserta lomba dalam menyalurkan bakat sekaligus menggali potensi dalam mengolah menu makanan.

"Ketersedian pangan, perlu memperhatikan aspek pengolahan makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman, agar memenuhi standar gizi yang ditentukan," sampainya.

Warga masyarakat diharapkan tidak mengandalkan jenis satu bahan pangan pokok beras saja. Tetap kembangkan ide-ide baru yang dimulai dari menu sehari-hari sesuai selera dengan tetap perhatikan nilai gizi.


Sumber: Diskominfo dan Info Publik News

Penulis: Mat

Uploder: Tim


Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment