-->

Satuan Polair Gelar Pelatihan SAR Air. Wakapolres HSU Pantau Simulasi


Praktek simulasi SAR Air di Sungai Negara Kota Amuntai


AMUNTAI-IPN- Upaya meningkatkan kemampuan penyelamatan (Pamat) dan  Search and Rescue (SAR) serta antisipasi terjadinya bencana Alam, Polres HSU gelar pelatihan yang berlangsung di Kolam Renang Stadion Karias dan di Sungai Negara Kab. HSU Jumat (21/5/2021) 08:30 Wita.

Memastikan keseriusan dalam latihan tersebut dihadiri langsung oleh Wakapolres HSU Kompol M. Irfan, S.H,.M.H, Kabag Ops AKP Heru Setiawan, S.H., M.H dan Kasat Samapta AKP Misransyah, S.H

Untuk Tim pelatih dipimpin Kasat Polairud Polres HSU AKP Ashari bersama Kaurbinopsnal Samapta Polres HSU Ipda Fajar Hendratmo dan  Personel Sat Polair Briptu Ismail.

Sementara latihan Personel Sat Samapta Polres HSU, Personel Sat Polairud Polres HSU, Para Kanit Sabhara Polsek Jajaran Polres HSU


"Materi latihan diantaranya, Latihan Renang 50 Meter, Latihan Penggunaan Perahu Kano, Medical First Responder Training / CPR, Simulasi Pertolongan Pertama dan Penyelamatan (Pamat)," kata Kasat Polairud AKP Ashari.


Selajutnya, Latihan Search and Resceu (SAR) Air, CPR (Cardiopulmonary Resuscitation), RJP (Resusitasi Jantung Paru), Compressing, Airway and Breathing, Rescue Orang Tenggelam dan Tekhnik Mengangkat Korban Tenggelam Ke Atas Perahu Karet.


Wakapolres dua dari depan (kiri) ikut memantau simulasi SAR.


Materi dibawakan Kasat Polairud AKP Ashari



Lebih lanjut AKP Ashari menjelaskan sarana yang digunakan diantarnya :

- Satu Unit R4 Barrier.

-  Satu Unit Perahu Karet;

-  2 (dua) Unit Perahu Cano;

-  12 (dua belas) Rompi Pelampung (Life Jacket);

-  4 (Empat) Buah Dayung dan 

-  2 (Dua) Buah Helm Safety.

 

Sementara Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, S.I.K,.M.H melalui Wakapolres HSU Kompol M. Irfan, S.H,.M.H mengawasi langsung dan memberikan arahan diantarnya penting nya latihan ini, jangan sampai kita  menolong masyarakat tapi malah kita yang jadi korban, untuk itu dalam latihan ini harus serius perhatikan dan ikuti arahan pelatih baik tehnik dan taktik dalam latihan ini.


"Adakan pemanasan peregangan dsb sebelum latihan,  jangan sampai  kram di air sebelum, " imbaunya. Diharapkan pesan Wakapolres, dengan latihan ini kita tidak ragu mana kala ada masyarakat yang memerlukan pertolongan.



Sumber: Humas Polres HSU dan Info Publik News

Uploder: Tim

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment