-->

Dispersip HSU Apresiasi Kerja Keras SMK Shalatiyah Bitin Tembus Wakili Kalsel ke Lomba Perpustakaan Nasional

 


Kepala Dispersip HSU Hj Lailatannur saat melakukan peninjauan dan pebinaan di SMK Shalatiyah Bitin



AMUNTAI -IPN- Dinas Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengapresiasi langkah dan totalitas jajaran SMK Shalatiyah Bitin di Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).


Apresiasi tersebut disampaikan langsung

Kepala Dispersip Hj Lailatannur Raudah saat berkunjung ke SMK yang menjadi duta Provinsi Kalsel ke ajang lomba Perpus Tingkat Nasional tahun 2021.


"Alhamdulillah, usaha yang telah dilakukan pihak sekolah selama ini layak mendapat apresiasi. Baik dari kepala sekolah, guru, pustakawan, siswa hingga masyarakat sekitar dan para Alumni," kata Laila pada kesempatan tersebut.


Diungkapkan mantan Kabid Dikdas Disdik HSU ini bahwa, pembinaan ini dilakukan juga sebagai persyaratan akreditasi perpustakaan sekolah, terlebih lanjut sebagai syarat utama untuk melangkah ke tingkat nasional.


"Mudah-mudahan di bulan Juni ini, bisa mengikuti akreditasi lembaga ini, tentunya kita memohon langsung ke tim akreditasi perpustakaan nasional," harapnya.


Selain itu, Lailannur juga memuji program inovasi yang dilakukan SMK Shalatiyah Bitin seperti diantaranya program motor pintar untuk pemustaka sampai dengan kedai baca 'Baca Buku Gratis Kopi'.


Sementara itu, Kepala SMK Shalatiyah Bitin Ahmad Auria pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa perpus sekolahnya tidak hanya sebagai lokasi memperkaya literasi bacaan.


Namun saat ini perpus juga menjadi wadah pelatihan skil dengan pelatihan kerajinan anyaman berbahan baku Ilung.

"Kami telah bekerjasama dengan instruktur berpengalaman asal HSU, baik untuk teknis pembuatan kerajinan dari eceng gondok maupun purun," sampainya.


Bahkan tandasnya, tak jarang hasil pelatihan siswa-siswinya yang memiliki keterampilan, direkrut menjadi pekerja di tempat instruktur yang diketahui memiliki sentra anyaman ternama.


Yakni, Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kembang Ilung di Desa Banyu Hirang Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten HSU.



Sumber: Info Publik News dan Diskominfo HSU

Uploder: Tim

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment