-->

Momen HKN, Dinkes -RSUD PB Amuntai Kerjasama Gelar Operasi Katarak Gratis


Menunggu giliran operasi katarak gratis di RSUD Pambalah Batung Amuntai dalam rangka HKN ke-55



AMUNTAI -IPN - Puluhan warga di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti bakti sosial operasi katarak gratis dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke - 56 tahun 2020.


Dalam kegiatan bakti sosial tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan berkerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten HSU dan RSUD Pambalah Batung yang menjadi tempat lokasi pelaksanaan bakti sosial, Rabu (28/10).


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSU dr. H. Agus Fidliansyah dalam wawancaranya mengatakan, Kegiatan operasi katarak gratis dilaksanakan dua hari dari tanggal 28 Oktober sampai 29 Oktober dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat.


"Jumlah pasien yang mendapatkan operasi gratis katarak sebanyak 36 orang, dilaksanakan dua hari, hari ini dan besok" ucap Agus 


Agus juga menyampaikan meskipun saat ini di tengah pandemi wabah Covid - 19 yang menjadi titik fokus semua orang, masalah masalah kesehatan lainnya jangan diabaikan, maka dari itu penyakit lainya harus di perhatikan seperti operasi katarak ini juga kita berikan pelayanan kesehatan.


"Ini buktinya kami jajaran kesehatan dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten/kota kompak satukan tekad meskipun di tengah pandemi pelayanan kesehatan lainnya harus dilaksanakan, dengan tetap standar protokol kesehatan" tambah Agus.


Kegiatan operasi katarak pada tahun ini dilaksanakan berbeda dari tahun sebelumnya, dimana mereka para pasien operasi katarak di wajibakan mengikuti serangkaian tahapan pemeriksaan medis dan protokol kesehatan seperti melakukan swab.


"Pasien operasi katarak harus dilakukan skrining, dulu kita hanya memeriksa kondisi pasien baik secara umum seperti tidak menderita diabetes, kencing manis, tidak hipertensi dan katarak nya siap untuk di operasi, tapi di tahun ini para pasien harus melakukan swab sebelum melaksanakan operasi katarak" pungkasnya.



Dari kiri Direktur RSUD Pambalah Batung Amuntai dr Yandi Friyandi dan Kadinkes HSU dr Agus Fidliansyah kanan saat foto bersama di momen operasi katarak gratis



Disisi lain Direktur RSUD PB Amuntai dr. M Yandi Friyandi para petugas kesehatan yang melakukan operasi besar ataupun kecil wajib melakukan swab sebelum melakukan operasi guna menjaga rasa aman bagi para pasien yang melakukan operasi khususnya saat ini yang melakukan operasi katarak.


"Alhamdulilah semua petugas kesehatan yang melakukan operasi katarak ini dinyatakan negatif" ujar Yandi.


Hal lain juga disampaikan Sarkiyah Kasi Pelayanan Kesehatan Premiere Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan mengatakan untuk tahun ini para penerima operasi katarak gratis hanya sebanyak 36 orang.


Dimana dari awal nya 75 orang menjadi 36 orang, dikarenakan akibat Covid - 19 yang beberapa dana harus terpotong termasuk operasi katarak yang mengakibatkan pengurangan jumlah penerima operasi katarak gratis.


"Harapan kami tentunya tidak ada nya pengurangan, tapi mau bagaimana lagi pandemi harus tetap diselesaikan juga, sementara penyakit lain nya juga harus diselesaikan, maka solusinya dibagi lah" ucap Sarkiyah.


Sementara itu selain melakukan operasi katarak mata gratis dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke - 56 tahun 2020 adapun mengadakan pelaksanaan sunat massal sebanyak 136 orang yang digelar pada tanggal 27 Oktober bertempat di Puskesmas Alabio. (*)



Sumber: Info Publik News dan Diskominfo

Editor: Del


Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment