-->

Dispar Kalsel: Sapta Pesona Hidupkan Sektor Pariwisata Banua Termasuk Objek Wisata Candi Agung


Kadis Pariwisata Provinsi Kalsel Saripudin (kanan) saat menyerahkan buku wisata tentang Candi Agung ke Kadis Porbudpar HSU H Fajeri Ripani didampingi Kepala BPBD HSU Sugeng Riyadi.



AMUNTAI -IPN- Pandemi Covid-19 tahun 2020 ini memukul industri pariwisata Indonesia tak terkecuali Provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dimana objek wisata Candi Agung sempat ditutup akibat pandemi ini.

Untuk menghidupkan sektor wisata Banua ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan maka Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel dan Disporabudpar HSU menggelar Aksi Sapta Pesona di lokasi wisata Candi Agung Amuntai Selasa (15/09) tadi.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel Saripudin pada sambutannya mengakui adanya pandemi Covid-19 ini, semua sektor pariwisata ditutup di Kalsel yang berimbas pada kehidupan kesejahteraan masyarakat yang tergantung di sektor wisata.

Lewat aksi pesona ini diharapkan kembali menghidupkan pariwisata di Kalsel, namun tidak mengurangi Protokol Kesehatan Covid-19.

"Adanya program Aksi Sapta Pesona, geliat perekonomian dapat hidup atau bangkit kembali, karena dampak yang dialami banyak seperti pendapatan daerah berkurang. Dan kegiatan ini juga digelar di 13 kabupaten/kota di Kalsel," sampainya.

Sementara itu, Kepala Disporapar HSU H Fajeri Ripani menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pariwisata Kalsel yang telah melaksanakan kegiatan ini. 

Diakuinya Obyek wisata di HSU dapat menerapkan Sapta Pesona. Bahkan Candi Agung telah mencakup Sapta Pesona.

Undangan

Ungkap Fajeri di HSU bahkan ada Kampung Tangguh Banua yang memiliki wisata rumah singgah terapung, tepatnya di Desa Banyu Hirang, Kecamatan Amuntai Selatan.

Diketahui sambungnya beberapa waktu lalu Kampung Tangguh Banua di HSU meraih juara dua tingkat Provinsi Kalsel. 
"Pemda HSU sangat mendukung kemajuan wisata di daerah ini dalam mendongkrak pendapatan asli daerah terlebih dalam kondisi seperti saat ini," ungkapnya.

Di akhir acara, Dinas Pariwisata Kalsel menyerahkan bantuan alat kebersihan dan melakukan aksi bersih- bersih di lokasi Candi Agung Amuntai oleh tamu dan undangan. (*)

Sumber: Info Publik News
Penulis: Dhani

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment