-->

Bupati HSU H Abdul Wahid: Tes Swab Masif Lampaui Target Yang Diberikan Provinsi Kalsel



Bupati HSU H Abdul Wahid HK tengah didampingi Plt Kadinkes dr Agus Fidliansyah dan Kepala BPBD HSU saat wawancara dengan rekan media usai menjalani tes Swab.




  • Bupati dan Keluarga Jalani Tes Swab. HSU Uji Lab Sampel Swab secara Mandiri


AMUNTAI-IPN- Upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tidak main-main. Terbukti
Bupati HSU H Abdul Wahid HK, Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari SKM, dan Ketua TP PKK Hj Anisah Rasyidah Wahid ikut  jalani uji SWAB masif yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Kesehatan HSU , Minggu (16/8/2020) siang tadi.

Bupati HSU H Abdul Wahid HK mengatakan, uji Swab ini sebagai upaya pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota dalam meminimalisir penularan sekaligus memutus mata rantai virus Covid-19 ini.

Tak hanya itu sambung Wahid, Uji Swab masif ini juga dalam rangka mendukung program 10.000 Swab massal yang dicanangkan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor.

Kegiatan SWAB masif ini digelar dari tanggal 14 sampai 17 Agustus 2020. Untuk Kabupaten Hulu Sungai Utara sendiri diberikan target oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sebanyak 503 sampel Swab.

"Alhamdulilah pada hari ketiga pelaksanaan di HSU sudah mencapai 607 sampel. Alhamdulillah daerah kami sudah melebihi target namun kita tetap akan melaksanakan di hari ke-4 tanggal 17 Agustus 2020," ujar Wahid.


Proses pemeriksaan sebelum Swab Bupati HSU H Abdul Wahid HK


Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari saat jalani Swab tes.


Wahid mengharapkan dengan kegiatan ini bisa mengetahui kondisi kesehatan masyarakat di Kabupaten HSU.

Tambahnya lagi, pada Bulan Agustus ini juga Kabupaten HSU sudah siap untuk pengadaan sarana uji SWAB mandiri dengan kapasitas bisa menampung hingga 200 sampel setiap hari.

"Mulai Minggu ke-4 di bulan Agustus ini hasil Swab yang dilakukan di Kabupaten HSU tidak lagi dikirim ke Banjarbaru, jadi bisa dilakukan uji laboratoriumnya di HSU" tegas Wahid

Jadi kita bisa lebih banyak lagi melakukan pengambilan sampel dan pengujian laboratorium untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Dengan usaha ini diharapkan masyarakat HSU semakin menyadari perlunya kita melakukan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, setidaknya membiasakan menggunakan masker bila keluar rumah.

Selanjutnya mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan menjaga jarak minimal 1 meter saat melakukan komunikasi sebagaimana yang di anjurkan oleh Kementerian kesehatan dan WHO dalam upaya kita meminimalisir penularan virus Covid-19.

Bupati Wahid juga menegaskan secepatnya akan melakukan penegakan disiplin penggunaan masker diluar rumah

"Nanti akan kita lakukan pemberian sanksi bagi masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah" tegasnya

Terakhir orang nomor satu di tanah HSU ini berharap masker ini benar-benar menjadi kebiasaan baru bagi masyarakat yang ingin dirinya maupun keluarga terhindar dari bahaya virus Covid-19. ungkap Wahid. (*)


Sumber: Humpro HSU/Info Publik News 
Penulis: Ami
Editor: Del

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment