-->

Hebat ! Desa Banyu Hirang Mampu Tangguh Ditengah Pandemi Covid-19



Sinergitas Pemkab HSU, Kodim Amuntai Polres HSU dan Muspika Kecamatan Amuntai Selatan dan Aparatur Desa Banyu Hirang 




AMUNTAI-IPN - Desa Banyu Hirang Kecamatan Amuntai Selatan menjadi salah satu kampung tangguh di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Hal ini bukan tanpa alasan, selama ini Desa Banyu Hirang mempunyai krateria ketangguhan saat pendemi Covid-19 ini.

Seperti,tangguh dalam ketahanan pangan (logistik), tangguh sumber daya manusia (SDM), tangguh dalam kesehatan, tangguh keamanan dan ketertiban, tangguh budaya dan tangguh informasi, serta tangguh psikologi.

Kepala Desa Banyu Hirang, Heliyani, mengatakan bahwa desanya di masa pendemi ini masih bisa bertahan baik di bidang ketahanan pangan ataupun bidang lainnya.

"Untuk saat ini atau di masa pendemi Covid-19, kehidupan atau aktivitas masyarakat di desa ini masih bisa bertahan terutama di bidang ketahanan pangan, dimana di bidang ini kami memiliki beberapa kegiatan seperti kegiatan di sektor perikanan, perternakan, pertanian dan industri rumah tangga," ujar Heliyani, Kamis (8/7).

Menurut Heliyani, di sektor perikanan ada kegiatan budidaya ikan di keramba apung dan kolam, di sektor peternakan disiapkan kandang apung, dan di sektor budidaya tanaman telah disiapkan lahan kurang lebih 50 hektar.

Di samping itu, pada sektor industri rumah tangga, masyarakatnya melakukan kegiatan anyaman purun dan eceng gondok. Kerajinan ini terus berkembang bahkan di masa pandemi Covid-19.

"Semua sektor tadi kami siapkan untuk dikelola atau dikerjakan oleh masyarakat terdampak Covid-19 atau para penerima manfaat khususnya di desa Banyu Hirang ini," jelasnya.

Heliyani menambahkan, masyarakatnya merupakan masyarakat yang suka berkerja keras sehingga sumber daya alam yang ada di desa hampir semua dimanfaatkan.

Pada bidang kesehatan masyarakat, pihaknya selalu menjaga prilaku hidup bersih dan sehat, menyiapkan alat kebersihan berupa sapu dan pengki di setiap rumah yang akan digunakan masyarakat untuk kebersihan lingkungan masing masing, serta menerapkan protokol kesehatan dengan menyediakan tempat cuci tangan untuk masyarakat.

Serta membagikan masker kepada masyarakat, dan melakukan penyemprotan dispektan diseluruh fasilitas yang ada didesa kami untuk memutus rantai penyebaran covid 19.

Pada bidang keamanan dan ketertiban di desa, ada babinkamtibmas, babinsa, serta linmas yang selalu berkoordinasi menjaga lingkungan desa, tentunya juga dukungan masyarakat desa Banyu Hirang.

"Di bidang informasi, kami tak henti-hentinya menyampaikan apa itu Covid-19 dan bahayanya serta cara menghindarinya baik berupa spanduk, baliho, pamflet, bahkan secara langsung dengan melakukan himbauan di masjid atau tempat ibadah lainnya. Dari beberapa ketangguhan tadi kami berharap desa kami menjadi desa inspirasi bagi desa lainnya untuk menjadi kampung tangguh banua," harapnya. (*)


Sumber: Diskominfo HSU untuk Info Publik News
Penulis: Aman

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment