Notification

×

Iklan

Iklan

TV Kominfo HSU Hadirkan Dokter Spesialis Anak Dalam Edukasi Dini Nutrisi Seimbang Cegah Terpapar Corona pada Anak

Friday, June 12, 2020 | 12 June WIB Last Updated 2020-06-12T03:37:39Z

Proses live 



AMUNTAI - IPN- Protokol kesehatan Covid-19 di saat pandemi ini bukan hanya untuk dipatuhi oleh Orang dewasa saja, mengingat data per 1 juni untuk kasus tepapar Corona terhadap anak di Indonesia cukup tinggi.

Menurut dr.I.Dewi Yunianti,Sp.A yang sehari hari nya bertugas di Rumah Sakit Pembalah Batung Amuntai sebagai spesialis anak, bahwa anak anak juga mempunyai kerentanan tertular covid 19 ini jadi anak anak juga harus mematuhi protokol kesehatan namun untuk anak anak ini ada tantangan tersediri untuk mematuhi protokol kesehatan ini karena anak anak sedikit cerewet.

Namun demikian sambungnya, selaku orang tua tentunya sudah mengenal karakter si anak tersebut jadi kita bisa  menerapkan protokol kesehatan secara idukatip, misalnya memberikan pemahaman apa itu covid 19,bagaimana penyebaran dan dampaknya  terhadap kesehatan melalui gambar gambar, tontonan melalui video serta animasi animasi mengenai covid 19.

disamping itu juga orang tua hendaknya nya jangan mengajak atau mengikut sertakan anaknya ketika keluar rumah untuk keperluan yang tidak memberikan manfaat buat anak itu sendiri, apalagi mengajak ke Mall kecuali melakukan imunisasi.

Masih menurut dr Dewi, masker  dan face shild juga boleh digunakan untuk anak namun hanya anak yang sudah berumur 2 tahun ke atas namun dengan batasan batasan tertentu dengan harapan menghindari sentuhan langsung tangan anak ke wajahnya karena sifat anak yang selalu aktif ini, disamping anak harus bisa membiasakan cuci tangan.

Orang tua harus bisa meng idukasi anak bagaimana cuci tangan yang benar  dan menjadikan aktifitas cuci tangan itu jadi kegiatan menyenangkan   buat si anak tersebut, karena dengan keterbiasaan yang telah dimiliki oleh anak tersebut
memudahkan dia untuk menjalankan protokol kesehatan dimasa new normal ini.

Di tempat yang sama, salah satu dokter yang juga bertugas di Rumah Sakit Pembalah Batung Amuntai dr. Adelaide Sharfina menambahkan bahwa disaat  dimana semua orang di haruskan berada dirumah baik berkerja dan melakukan aktifitas lainnya dirumah, merupakan moment penting bagi orang tua dan anaknya dimana orang tua dapat mengawasi atau dapat memberikan asupan gizi atau nutrisi yang baik kepada anak anak nya, sehingga hal ini juga memberikan pengaruh untuk tumbuh kembang anak di masa pandemi ini.

Dengan pemenuhan gizi yang se imbang anak akan mempunyai daya tahan tubuh yang prima yang tentunya juga akan berdampak baik atau tahan terhadap covid 19, selain dari kebiasaan kebiasaan yang baik yang telah dimiliki oleh si anak tersebut.

Hal ini disampaikan oleh kedua dokter tersebut saat menjadi nara sumber di acara Dialog Interaktif  HSU CEGAH COVID 19 Dengan Tema Ancaman Covid 19 Terhadap Anak Dan Upaya Antisipasi Yang Harus Diupayakan, di Chanel Kominfo TV. (*)


Sumber: Diskominfo HSU
Editor: Del


×
Berita Terbaru Update