Pada Momen Harganas 2020 Bupati HSU H Abdul Wahid Sampaikan Peran KB Pengaruhi Kualitas SDM Keluarga



Bupati H Abdul Wahid HK saat memantau pelaksanaan program KB dalam momen Harganas tahun 2020 di UPT PKM Karias siang ini.




Kepala BP2KB Hj Anisah Rasyidah Wahid Tema Harganas 'BKKBN Baru Dengan Cara Baru, dan Semangat Baru Hadir Dalam Keluargamu'


AMUNTAI -IPN-Meskipun dalam suasana yang berbeda ditengah pandemi Covid-19, namun dibalik kesulitan pada fase pandemi ini ternyata memberikan ruang dan peluang antar anggota keluarga untuk lebih bisa saling mengenal dan sama-sama saling berkumpul.

Bertempat di Aula KH. Dr. Idham Chalid HSU peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang jatuh pada tanggal 29 Juni 2020 dilaksanakan secara sederhana dengan memaruhi protokol kesehatan.

Kepala Dinas Pengandalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) HSU selaku panitia pelaksana Dra. Hj. Anisah Rasyidah Wahid, M.AP dalam sambutannya mengatakan Harganas ke-27 tahun ini mengangkat tema "BKKBN Baru Dengan Cara Baru, dan Semangat Baru Hadir Dalam Keluargamu".

Tujuan diperingati Harganas tahun ini antara lain menyatukan gerak dalam membangun keluarga berkualitas, meningkatkan kepedulian keluarga Indonesia dalam membangun keluarga berkualitas, meningkatkan intensitas kerja pengelola tugas "Bangga Kencana" atau Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana.

"Keluarga merupakan lingkup terkecil dalam masyarakat jadi wahana pertama dan utama dalam menanamkan nilai-nilai dalam diri seorang manusia. Ditengah kondisi saat ini keluarga Indonesia dapat saling menguatkan dan bahu membahu melalui masa krisis sehingga kesejahteraan dan ketahanan keluarga dapat tetap terjaga melalui partisipasi aktif seluruh keluarga menjadi keluarga Indonesia yang sehat, mandiri dan sejahtera." Kata Anisah

Dalam kesempatan tersebut Anisah juga menyampaikan apresiasi kepada Duta Genre HSU atas nama Zainal Fuad dan Putri Yanti yang meraih predikat terbaik 3 tingkat nasional lomba video pencegahan Covid-19 pada peringatan Harganas tingkat pusat yang dilaksanakan BKKBN Pusat. Selain itu HSU juga meraih juara pertama penyuluh KB tingkat Provinsi Kalimantan Selatan atas nama Hj. Khairina.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si dalam sambutannya mengharapkan peringatan Harganas ke-27 ini dijadikan sebagai pemicu BKKBN bersama keluarga Indonesia untuk dapat terus meningkatkan ketahanan keluarga sehingga mampu melahirkan generasi yang lebih baik.


Momen foto bersama dengan Forkopimda HSU


Hal itu diwujudkan melalui program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana atau "Bangga Kencana" tengah berupaya membangun keluarga berkualitas melalui pembentukan Sumber Daya Manusia Indonesia yang unggul. Program Bangga Kencana ini harus menjangkau seluruh keluarga Indonesia, termasuk keluarga yang mengalami kesulitan, terutama di wilayah-wilayah terpencil.

Selain itu pembentukan Kampung KB yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Januari 2016 lalu di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, dan pada saat ini sudah terbentuk 15.923 Kampung KB di seluruh Indonesia, yang terdaftar di situs internet kampungkb.bkkbn.go.id

"Melalui berbagai upaya yang dilakukan, BKKBN memberikan kontribusi terhadap upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia agar menjadi modal pembangunan yang memiliki daya saing dalam menghadapi bonus demografi serta menghadapi tatanan hidup baru akibat pandemi Covid-19, bukan sebaliknya malah menjadi beban pembangunan" tegasnya.

Bupati Wahid menambahkan pentingnya Keluarga Berencana sangat mempengaruhi kualitas sumber daya manusia dan kehidupan ekonomi sebuah keluarga. Oleh karenanya program BKKBN menjadi hal yang penting diperhatikan oleh keluarga dalam upaya mencapai keluarga yang berkualitas di kemudian harinya.

"Kalau kita lihat, ada keluarga yang sukses, dan ada keluarga yang belum beruntung, semua itu ada hubungannya dengan pembinaan keluarga di masa-masa sebelumnya" ucap Wahid.

Tak kalah penting pada kesempatan tersebut Bupati Wahid tidak bosannya mengingatkan seluruh masyarakat dan keluarga di HSU agar tetap waspada dengan Covid-19, rutin mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak saat berkomunikasi, menggunakan masker,  dan tetap berada dirumah kecuali ada keperluan yang mendesak.

Pada Harganas ke-27 tahun ini, dilaksanakan kegiatan "Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor" yang dilaksanakan pada 29 Juni 2020. Untuk HSU mendapatkan target dari BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan sebanyak 2.455 akseptor.

Yang tersebar di 10 kecamatan dengan rincian implan dan IUD sebanyak 69 akseptor, suntikan sebanyak 249 akseptor, pil dan kondom sebanyak 2.237 akseptor.

Adapun pelayanan kontrasepsi dilaksanakan di 4 titik pusat pelayanan yaitu di Puskesmas Sungai Malang, Puskesmas Sungai Karias, Puskesmas Haur Gading dan Puskesmas Pasar Sabtu.

Di akhir kegiatan, dilaksanakan pemotongan tumpeng sebagai simbolis peringatan Harganas ke-27 tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara, dan pembagian hadiah lomba dan sembako bagi akseptor KB Kabupaten HSU.

Bupati juga secara langsung Bupati HSU memantau proses pelayanan kontrasepsi yang dilaksanakan di Puskesmas Sungai Karias dan Puskesmas Sungai Malang.

Peninjauan didampingi oleh Wakil Bupati HSU, Ketua dan Wakil Ketua TP.PKK HSU,  Ketua DPRD HSU, Sekretaris Daerah, Ketua DWP, Danramil dan Kepala Dinas Kesehatan HSU.

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si, Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, Sekretaris Daerah HSU H. M. Taufik S.Sos, MM, Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari, SKM, Dandim 1001/Amuntai-Balangan Letkol Inf. Ali Ahmad Satriyadi, Kepala Kemenag HSU, Wakil Ketua TP.PKK HSU, Ketua DWP HSU, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) HSU, Duta Genre dan para undangan. (*)


Sumber: Diskominfo HSU untuk Info Publik News
Penulis: Dhani
Editor: Del


Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment