-->

Cegah Corona, Semua Akses Masuk Diperketat ! Termasuk Alur Barito oleh Jajaran Polair Polres HSU



Motoris Speed boat saat dilakukan skrining oleh Petugas  Dinas Kesehatan bersama Satuan Polair Polres HSU di Kecamatan Paminggir.



AMUNTAI - IPN - Cegah Virus Corona sejumlah wilayah di perbatasan antar kabupaten dan provinsi masuk wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) di perketat di sejumlah Cek Poin perbatasan baik darat dan perairan sungai Senin (11/5).

Setiap warga dalam hal ini penumpang baik roda empat dan angkutan perairan sungai diperiksa anggota Polres Hulu Sungai Utara bersama tim penanggulangan Covid-19 baik unsur TNI dan pemerintah setempat.

Kapolres HSU AKBP Pipit Subiyanto SIK melalui Kepala Satuan Polair Paminggir Iptu Ashari mengatakan pihaknya bersama elemen terkait terus meningkatkan berbagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 di wilayah perairan HSU.

Pemeriksaan dilakukan di Pos Cek Poin alur Sungai Barito menuju sejumlah wilayah di kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. "Ini fungsi kami melakukan pengamanan dan pemeriksaan pada wilayah perbatasan perairan HSU yang juga dilalui transportasi angkutan sungai," kata Ashari pada Info Publik News.

Ashari mengimbau motoris atau operator angkutan sungai untuk tetap menjalankan protap pencegahan Covid-19 ini. "Jangan sepelekan virus ini. Dengan protap tentu bisa membantu sesama agar tidak tertular virus yang berbahaya ini," imbaunya.

Selain pemeriksaan dan pendataan petugas gabungan baik TNI, Dinas Kesehatan, Dishub HSU juga memberikan pemahaman pada warga agar patuh terhadap kebijakan  pemerintah dalam tangkal Covid-19 ini, diantaranya larangan mudik lebaran dan selalu jaga jarak di setiap kerumunan orang, selalu gunakan masker dan sering cuci tangan dengan sabun.


Stop dulu ada pemeriksaan petugas.


Terpisah Kasubag Humas Polres HSU Iptu Alam juga menjelaskan selain perairan pihak polres juga melakukan pengamanan pada perbatasan darat antar kabupaten. Untuk perbatasan HSU dan Hulu Sungai Tengah (HST) Pos pemeriksaan berada di Desa Tapus Kecamatan Sungai Pandan dipimpin Kapolsek Alabio Iptu Agus Sumitro.

Untuk perbatasan Kabupaten Balangan menuju HSU  di Desa Banjang dipimpin Kapolsek Banjang Ipda Noor Rizani. Sementara perbatasan Hulu Sungai Selatan (HSS) - HSU di Desa Babirik Hilir dipimpin Kapolsek Babirik AKP Agus Tamjid.

Untuk perbatasan Kabupaten Tabalong - HSU di Desa Tayur Kec. Amuntai Utara dan desa Panawakan Kec. Haur Gading dibawah kendali Kapolsek Amuntai Utara Ipda Warsono. Serta  pos che point di Dermaga Danau Panggang dipimpin langsung Kapolsek Danau Panggang Iptu Momo Jon Rodok

Langkah yang dilakukan melakukan pemeriksaan suhu tubuh warga pendatang sebagai upaya mendeteksi Covid-19, serta melakukan pendataan, maksud tujuan dan identitas warga masyarakat yang melintas dan masuk ke wilayah HSU.

"Upaya tangkal Covid-19 di HSU adalah peran aktif seluruh masyarakat untuk sama sama memerangi wabah ini. Biar kami bertugas dilapangan yang mengingatkan, memeriksa dan mengawasi warga masyarakat. warga dirumah saja, biar kami yang bertugas," serunya.

Diketahui pada setiap pos pemeriksaan selain dari personil polres dan polsek juga bersinergi dengan pihak TNI dalam hal ini anggota Kodim 1001/Amuntai dan Koramil setempat serta pihak BPBD HSU, Satpol PP dan Dinas Kesehatan tiap kecamatan. (*)


Sumber: Info Publik News
Penulis: Dhani
Editor : Del

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment