Jenis dan Karakteristik Bencana : Kekeringan.


Info Publik News. Pada Belajar Dirumah  kali ini kami menyajikan mata pelajaran Geografi Kelas XI Semester Genap dengan materi  Jenis dan Karakteristik Bencana : Kekeringan. 

Kekeringan adalah suatu fenomena dimana ketersediaan air jauh dibawah kebutuhan, baik untuk kebutuhan hidup rumah tangga maupun pertanian. 

Kekeringan dibedakan menjadi tiga yakni :

  • Kekeringan Alamiah ; terjadi karena curah hujan musiman dibawah normal



  • Kekeringan Hidrologis ; terjadi kekeringan karena kurangnya pasokan air permukaan dan air tanah yang diiukur dari menurunnya permukaan air di waduk-waduk, sungai, danau dan elevasi dimuka air tanah



  • Kekeringan Pertanian ; kekurangan lengas tanah sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan tanaman


Kekeringan di Indonesia disebabkan oleh fenomena El Nino. Dari hasil pengamatan sejak tahun 1844 dari 43 kejadian kekeringan di Indonesia hanya 6 kejadian yang tidak berkaitan dengan El Nino.

Tahukah kamu apa itu El Nino ?

El Nino adalah fenomena memanasnya suhu muka laut di Samudra Pasifik bagian tengah hingga timur.  El Nino memiliki dampak yang beragam dalam lingkup skala global.



Beberapa negara di kawasan Amerika Selatan (Latin) seperti Peru, saat terjadi El Nino akan berdampak pada meningkatnya curah hujan di wilayah tersebut. Tetapi secara umum dampak El Nino  di Indonesia adalah kondisi kering dan berkurangnya curah hujan.

Namun ada indikasi bahwa kekeringan disuatu daerah dapat disebabkan oleh penggudulan hutan. Hutan yang gundul menyebabkan air dari curah hujan akan segera kembali ke laut , sehingga yang tertinggal di daratan karena infiltrasi sangat sedikit yang mengakibatkan mudahnya terjadi kekeringan. 

 


Terima kasih anda sudah membaca materi ini , silahkan klik tautan berikut ini : ABSEN KELAS XI IIS

Kamus
Elevasi : ketinggian suatu tempat terhadap daerah sekitarnya ( diatas permukaan laut)
Lengas tanah : kandungan air dalam tanah
Infiltrasi : penyusupan ; perembesan

Tags :

bm
Created by: ADMIN INFO PUBLIK NEWS

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment