Notification

×

Iklan

Iklan

Gelar Teleconference Bersama Gubernur Kalsel Bupati Wahid Lapor HSU Stabil

Sunday, March 22, 2020 | 22 March WIB Last Updated 2020-03-22T10:13:39Z


Bupati HSU H Abdul Wahid HK saat melaksanakan Teleconference bersama unsur Forkopimda HSU.


Amuntai - Info Publik News - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor atau Paman Birin menggelar rapat koordinasi teleconference dengan seluruh Kepala Daerah Bupati/Walikota se Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (22/3).

Kegiatan rapat koordinasi dengan seluruh kepala daerah se Provinsi Kalsel untuk melihat sejauh mana persiapan dan kendala setiap Kabupaten/Kota dalam upaya pencegahan Covid 19 yang semakin menyebar luas disetiap daerah di Indonesia.

Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H. Abdul Wahid HK di dampingi Wakil Bupati HSU, Sekretaris Daerah HSU, Unsur Forkopimda dan Pejabat SKPD terkait, melaporkan saat teleconference dengan paman birin, bahwa di Hulu Sungai Utara sampai saat ini masih terkendali stabil

"Alhamdulliah Kabupaten Hulu Sungai Utara  secara umum terkendali stabil" ucap Wahid.

Wahid juga mengatakan, meskipun HSU masih dalam keadaan stabil upaya pemantauan terus dilakukan, mengingat dimana beberapa waktu lalu ada banyak calon jemaah umroh dari Hulu Sungai Utara dan juga pada mahasiswa yang menempuh pendidikan di luar daerah.

"saat dilakukan larangan memasuki saudi arabia maka (pemerintah) melakukan pemantauan khususnya bagi jemaan umroh dan juga mahasiswa yang kuliah di luar provinsi serta masarakat kita yang kebetulan melakukan perjalanan ke luar provinsi" ujarnya.

Lebih lanjut, Pihak Pemerindah Daerah juga telah melakukan screening (penyaringan) di setiap rumah sakit, puskesmas dan melakukan kunjungan ke rumah - rumah yang baru datang dari luar negeri. Menemukan dua orang dalam status ODP (Orang Dalam Pemantauan).

"ini akan kami pantau terus secara ketat melalui Dinas Kesehatan dan Puskesmas" tambah Wahid.

Selain itu Wahid juga menginstruksikan kepada seluruh masyarakat khususnya bagu mempunyai keluarganya dari luar provinsi yang datang ke HSU untuk hendaknya menghubungi call center posko gugus tugas covid 19 untuk mendapatkan kunjungan pemeriksaan dan screening.

"Jadi kami membikin posko pelayanan bagi warga masyarakat kita yang baru datang dari luar provinsi" tutur Wahid.

Ia juga menginformasikan, mulai senen depan saat ini seluruh layanan kesehatan di HSU menerapkan pembatasan kunjungan kepada pasien yang sedang rawat inap, dimana tidak diperbolehkan untuk mengunjungi pasien kecuali hanya orang yang bertugas menjaga pasien selebihnya tidak diperbolehkan masuk.

"jadi kami membatasi kunjungan ke rumah sakit, lebih khusus kepada anak usia dibawah 12 tahun kami larang untuk berada di fasilatas kesehatan dan untuk dianjurkan tidak berada di kerumunan" tegas Wahid.

Disamping itu juga, mulai saat ini ASN dan pejabat di lingkungan Kabupaten HSU dilarang untuk keluar perjalanan dinas dari Kabupaten HSU, terkecuali ada panggilan mendesak dari instansi provinsi.

"Jadi kami melarang untuk sementara (ASN) melakukan perjalanan dinas, bahkan juga melarang untuk menggunakan anggaran pemerintah daerah" ucap Wahid

Wahid juga menjelaskan, untuk alokasi anggaran sesuai pentunjuk dari Kementrian Keuangan, Kementrian Dalam Negeri dan Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan untuk menyiapkan anggaran dana tak terduga untuk kelancaran pencegehan covid 19 di Kabupaten HSU.

Adapun Gubernur Provinsi Kalimantan H. Sahbirin Noor menghimbau kepada seluruh masyarakat di Provinsi Kalimantan Selatan untuk tidak panik dan menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan dengan air mengalir dengan sabun dan menjaga pola hidup sehat,dimana sekarang status di Provinsi Kalimantan Selatan yang sebelum nya siaga darurat menjadi naik tanggap darurat.

Dan juga kepada seluruh masyarakat untuk sama sama berdoa meminta kepada Allah SWT dan berikhitiar agar Provinsi Kalimantan Selatan bisa dijauhkan dari virus corona atau covid 19 ini. Hadir pada kesempatan tersebut Wabup H Husairi Abdi, Ketua DPRD Almien Ashar Safari, Dandim Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi, Kapolres AKBP Pipit Subiyanto SIK dan jajaran SKPD HSU. (*)


Sumber: Diskominfo HSU


×
Berita Terbaru Update