-->

Polres Balangan Sukses Tekan Angka Kejahatan Hingga 4% Sepanjang Tahun 2019


Paringin - Info Publik News. Polres Balangan menutup kinerjanya dengan keberhasilan menekan angka kejahatan hingga 4 persen sepanjang tahun 2019 dibandingkan tahun sebelumnya  dimana pada pada Tahun 2018 sebanyak 235 kasus, sedangkan pada tahun 2019 menurun menjadi 224 kasus.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid dalam kegiatan Press Release akhir Tahun 2019 . 

Kapolres Balangan merincikan selama Tahun 2019 ini Tindak Pidana didominasi oleh Tindak Pidana Ringan (Tipiring) 64 kasus dan Narkoba 42 kasus. 

Kemudian  Tindak Pidana Umum, yaitu Pencurian dengan Pemberatan (Curat) 18 kasus dan kepemilikan Senjata Tajam (Sajam) 18 kasus disamping itu juga berhasil diungkap 7 kasus Karhutla.  
Sedangkan di bidang Lalu Lintas telah terjadi Laka Lantas sebanyak 18 kasus (  lebih banyak dibanding Tahun 2018 yang hanya 8 kasus). 

Dari hasil penyidikan Satlantas, sebagian besar  Laka Lantas disebabkan oleh faktor Human Error dan melebihi batas kecepatan. Dari 18 kasus di Tahun 2019 tersebut, 9 orang meninggal dunia, 4 orang luka berat, dan 19 orang luka ringan.

“Adapun kasus menonjol yang terjadi di Balangan selama Tahun 2019 yaitu ungkap Tindak Pidana Narkotika jenis sabu – sabu seberat 1,2 kg dan Pencuriandengan Pemberatan berupa Laptop di SMPN 1 Lampihong sebanyak 22 unit,” tambah Kapolres Balangan. 

 “Keberhasilan pengungkapan kasus Tindak Pidana di Tahun 2019 ini merupakan hasil yang diperoleh dari giat penegakan hukum, yang dilakukan oleh masing – masing satuan fungsi hingga ke tingkat Polsek jajaran melalui upaya peningkatan profesionalitas di bidang penyelidikan dan penyidikan”, ujarnya.

Langkah preventif juga dilakukan Polres Balangan dengan  melakukan giat imbangan dengan cara pengaktifan kembali Pos Kamling dan patroli di desa – desa. 

Di bidang Lalu Lintas Polres Balangan juga telah melakukan upaya prventif  dengan melaksanakan Dikmas Lantas ke sekolah – sekolah, komunitas maupun pemasangan spanduk di titik – titik rawan terjadi Laka Lantas.

Sumber : Polres Balangan

Tags :

bm
Created by: ADMIN INFO PUBLIK NEWS

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment