Notification

×

Iklan

Iklan

MAN 5 HSU Peringati Sumpah Pemuda

Monday, October 28, 2019 | 28 October WIB Last Updated 2019-10-28T04:08:24Z
Amuntai - Info Publik News. Hari berbagai instansi pemerintahan dan sekolah serentak memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke 91 Tahun 2019 . Peringatan Sumpah Pemuda juga diperingati di MAN 5 Hulu Sungai Utara (HSU) yang terletak di kecamatan Haur Gading, Senin (28/10/2019) pagi. 

Upacara yang berlangsung di lapangan yang terbuat dari panggung kayu ulin tidak menyurutkan semangat para siswa untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang bertema "Bersatu Kita Maju". 


Bertindak selaku inspektur upacara Kepala MAN 5 HSU Drs.H.Alpahmi,MM yang membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali


Sebelum membacakan sambutan , Alpahmi meminta seluruh siswa untuk menyimak dengan baik sambutan  tertulis yang akan dibacakannya. 

"Sumpah pemuda adalah  komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 ,  bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa," kata Alpahmi.

Alpahmi melanjutkan bahwa dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi , ibarat dua mata pisau karena satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga kemungkinan memungkinkan para pemuda kita meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. 

Tetapi sisi lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga dengan mudahnya masuk apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam bangsa dan bernegara.

‘’Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter modal dan karekter kinerja, beriman, bertaqwa, integritas tinggi, jujur, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan tuntas serta pemuda juga harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah international,’’ katanya.

Menurutnya, tema bersatu kita maju, sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena ditangan pemuda-lah Indonesia bisa lebih maju.

’’Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kempuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,’’ katanya.

Menurutnya, kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sekedar sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya.

’’Sebagai generasi muda harus merespon kemajuan itu dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu, serta kenyataan-kenyataan tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan,’’ tuturnya.

" WAHAI PEMUDA INDONESIA, DUNIA MENUNGGUMU, BERJUANGLAH LAHIRKANLAH IDE IDE , TEKAD DAN CITA CITA, PENGOBANAN DAN PERJUANGAN MU TIDAK AKAN PERNAH SIA SIA DALAM MENGUBAH DUNIA," tegasnya.

"Semoga peringatan ini membuat kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita," pungkasnya.

Rep : MY
Foto : Humas MAN 5 HSU 
Editor : Paulo


×
Berita Terbaru Update