Kantor Kesbangpol HSU Lewat PPWK Rasa Nasionalisme Masyarakat Semakin Meningkat


Plt Kepala Kesbangpol Asikin Noor SSTP kanan pojok saat mendengar masukan dari peserta sosialisasi PPWK HSU 


  • Tercetus Ide Mendirikan Sekolah Wawasan Kebangsaan 


AMUNTAI - Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2011 Tentang Pedoman Pemerintah Daerah Dalam Rangka Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila, yang dikeluarkan dalam rangka menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia berwawasan Pancasila, memerlukan jiwa nasionalisme dan patriotisme diwujudkan dalam Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK).

Hal tersebut mulai disosialisasikan oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui rapat lintas instansi dan organisasi dibawah Kantor Kesbangpol HSU Jumat (25/10). Plt Kepala Kesbangpol HSU Asikin Noor SSTP hadir membuka kegiatan di ruang pertemuan kantor tersebut.

"Terima kasih sudah hadir dalam Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PWK) ini. Dengan mendukung pelaksanaan nilai kebangsaan dalam memperkuat kesejahteraan berbangsa dan bernegara yang berlandaskan pada nilai Pancasila berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," sampai Asikin menyambut peserta sosialisasi. 

Tambah Kepala Bagian Pemerintahan ini menyampaikan bahwa Pemda HSU wajib hukumnya menyelenggarakan PWK. Untuk melaksanakan PWK, Kepala Daerah membentuk Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) yang kepengurusannya terdiri dari lembaga vertikal, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Audensi

"Tujuan yang ingin dicapai yakni kesadaran dan peran serta masyarakat dalam upaya rasa Nasionalisme dan bela negara dilandasi oleh kecintaan pada tanah air dan kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia dengan berdasar untuk Pancasila dan UUD 1945," ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Budi Lesmana mengaku sangat mendukung pelaksanaan PPWK di wilayah ini. Sebab sambungnya lewat PPWK masyarakat akan lebih mengetahui sikap Nasionalisme dan Bela Negara sehingga semakin kuat bangsa ini dalam bingkai persatuan. 

"Kami sarankan kalau bisa tidak hanya lewat PPWK saja. Tapi bisa juga melalui pembentukan Sekolah Wawasan Kebangsaan yang bersifat non formal. Ini sekedar saran saja," sampainya dalam forum tersebut. Apa yang disampaikannya Ketua FKDM ini disambut baik oleh Plt Kantor Kesbangpol HSU Asikin Noor.

"Apa yang disampaikan Ketua FKDM ini sangat kami apresiasi. Dan mudahan semua masukan dan saran dari tokoh organisasi kemasyarakatan, pemuda dan civitas akademika ini bisa direalisasikan nanti," sampainya. Hadir dalam kegiatan tersebut yakni perwakilan Badan Pusat Statistik HSU, Kodim 1001 Amuntai, KNPI HSU dan Akademisi dari STIA Amuntai. (*) 


Sumber : Info Publik News
Penulis : Del
Editor : Del 

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment