Dari Pelosok Desa Ambahai, Beri Contoh Bank Sampah


Pengoperasian bank sampah di Desa Ambahai. 


Amuntai – Info Publik News - Perusahaan pertambangan batu bara nasional, PT Adaro Indonesia, resmikan pengoperasian bank sampah di Desa Ambahai, Kecamatan Paminggir, Kabupaten Hulu Sunggai Utara (HSU).

Peresmian dilakukan Land Management Dept. Head PT Adaro Indonesia, Rinaldo Kurniawan, bertepatan kegiatan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah Lomba Bersih dan Hijau Desa tingkat RT di Ambahai, Senin (30/9).

Menurut Rinaldo, Desa Ambahai merupakan desa percontohan untuk pemberdayaan masyarakat dalam rangka penyelamatan lingkungan bermuatan kesehatan yang bernilai ekonomis bagi masyarakat setempat.

“Lomba Bersih dan Hijau Desa dilaksanakan untuk merangsang kepedulian masyarakat Desa Ambahai tentang arti pentingnya pengelolaam dan penanganan sampah,” ujarnya.

Masalah sampah plastik, diakui sebagai isu nasional dimana Indonesia menduduki peringkat ke-2 dunia sebagai penyuplai sampah plastik ke laut.
Ia mengatakan, sampah plastik dari Indonesia sudah mencemari hingga ke laut internasional.

“Karena itu, Adaro mengambil peran dalam upaya pengurangan sampah plastik salah satunya dengan menjadikan Desa Ambahai sebagai percontohan yang mengintegrasikan bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan dan ekonomi,” katanya.

Salah satu elemen pendukung agar penerapan desa percontohan dapat berjalan, PT Adaro Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), memberikan bantuan pembangunan bank sampah.

Hingga saat ini, telah terjadi peningkatan kesadaran masyarakat dalam hal penanganan sampah, seperti sudah tersedianya tempat saampah di rumah-rumah pendudduk.

Juga terjadi pengurangan volume pembuangan sampah ke kolong rumah dan adanya aktivitas pengumpulan sampah di Bank Sampah.

Selain itu, telah tumbuh kesadaran masyarakat untuk melaksanakan gotong royong dan kerja bakti dalam upaya menyelamatan lingkungan.

Ia menambahkan, selanjutnya masyarakat diharapkan untuk terus melakukan pengelolaan sampah serta memanfaatkan fasilitas bank sampah yang telah dibangun.

“Diharapkan, seluruh Kepala Desa di Kecamatan Paminggir dapat menduplikasi kegiatan pengelolaan sampah di Desa Ambahai dan meningkatkannya lagi,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Paminggir, M Hanafi sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan PT Adaro Indonesia untuk masyarakat setempat.

“Masyarakat bersama Kepala Desa sering-sering melakukan koordinasi agar secara bersama-sama meningkatkan lagi penanganan dan pengelolaan sampah,” katanya.

Diakui, sebelum adanya kegiatan dari PT Adaro Indonesia, sampah sangat banyak berserakan di sekitar lingkungan Desa Ambahai.

Namun saat ini, masyarakat mulai sadar dan peduli dengan sampah sehingga desa menjadi lebih bersih.

Kegiatan peresmian Bank Sampah serta penyerahan hadiah Lomba Bersih dan Hijau Desa itu sendiri dihadiri CSR Department Head PT Adaro Indonesia, Leni Marlina beserta jajarannya, Koramil, Satpolair, seluruh Kepdes se-Paminggir dan tokoh serta masyarakat setempat.

Untuk Lomba Bersih dan Hijau Desa, keluar sebagai Juara Pertama adalah RT 1, RT 2 sebagai Juara kedua, RT 5 sebagai juara ketiga, RT 3 sebagai Juara Harapan I, RT 4 sebagai Juara Harapan II dan RT 6 sebagai Juara Harapan III. (*)


Sumber : PT Adaro

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dari Pelosok Desa Ambahai, Beri Contoh Bank Sampah"

Post a Comment