Keren Anggota Koramil 1001-08 Sungai Pandan Dampingi Warga Pondok Babaris dalam Pembuatan Pupuk Organik Trichokompos



TNI kuat bersama rakyat 




AMUNTAI - Info Publik News - Mulawarman Peduli - Babinsa koramil 1001-08/ Sungai Pandan Serda Joko menghadiri acara pembuatan pupuk organik Trichokompos  yang diselenggarakan Distan Kabupaten HSU di Desa Pondok Babaris dengan poktan Pondok indah dengan narasumber Iskandar .SP.

Diterangkan Serda Joko yang hadir dalam kegiatan tersebut, menyampaikan untuk pembuatan pupuk organik ini bahan yang akan digunakan banyak terdapat di sekeliling kita yaitu Eceng gondok/Ilung, Jerami, Kapur, Trichoderma padat, Trichoderma cair, Abu sekam, Pupuk kandan dan Air.

"Sangat muda yaitu ambil terpal, kemudian bahan-bahan seperti enceng gondok, Jerami dipotong potong  dicampur dengan Abu Sekam, Trichoderma padat dn cair, kapur, pupuk kandang ditambah air setelah itu ditutup dengan terpal sampai dengan 7 hari setelah  itu dibuka kemudian diaduk-aduk ditutup dengan terpal selama 18 hari terjadi fermentasi kemudian dibuka menjadi pupuk organik Trichokompos," terangnya. 

Di ketahui, Untuk praktek pembuatan pupuk dilakukan mantri tani Ibu Ni'matun  S.P. MP dibantu Babinsa Serda Joko sambil membuat pupuk organik Kata ibu Ni'matun dalam pembuatan pupuk ini bisa dilakukan kelompok kelompok kecil para petani bahkan bisa dilakukan perorangan dan fungsi pupuk ini adalah untuk mengendalikan penyakit tanaman yang  bersifat tular tanah. (*) 


Sumber : Koramil 1001-08 Sungai Pandan/Info Publik News 
Editor : Del

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keren Anggota Koramil 1001-08 Sungai Pandan Dampingi Warga Pondok Babaris dalam Pembuatan Pupuk Organik Trichokompos"

Post a Comment