Kepala DP2KB HSU Anisah Wahid Senang SMP 4 Amsel Jadi Sekolah Siaga Kependudukan



Kepala DP2KB Hj Anisah Rasyidah Wahid (tengah) saat mendampingi tim BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan di SMP 4 Kecamatan Amuntai Selatan 


Amuntai - Info Publik News - BKKBN Provinsi Kalsel resmikan SMP 4 Amuntai resmikan sebagai Sekolah Siaga Kependudukan (SSK), dan Pojok Kepundudukan bertempat di halaman SMP 4 Amuntai Selatan, Kamis (16/8/2019).

Kepala Dinas DPPKB HSU Hj. Anisa Rasyidah dalam sambutannya menyampaikan sekolah siaga merupakan wadah bagi program-program yang digulirkan BKKBN, seperti PIK Remaja, Genre, Goes to School, dan lain-lain.

Melalui program sekolah siaga kependudukan, program-program pemerintah akan lebih efektif dan efiesien karena dilakukan secara simultan untuk mewujudkan generasi emas indonesia”terang Anisa".

Kepala DPPKB HSU menambahkan bahwa Sekolah Siaga Kependudukan bertujuan untuk memberikan arah dan pedoman bagi penanggung jawab dan pengelola pendidikan, guru, dan pembina dalam menjalankan program kependudukan dan KB, serta memberikan pengetahuan peserta didik tentang berbagai permasalahan setempat.

Perwakilan BKKBN Provinsi Dra. Ina Agustina juga menyampaikan bahwa BKKBN memiliki amanah untuk memberikan literasi tentang kependudukan. Hal itu bertujuan, agar masyarakat sadar akan pentingnya manfaat yang harus disiapkan dalam menghadapi permasalahan-permasalahan serta menghindar dari dampak kependudukan. Salah satu upayanya, melalui Sekolah Siaga Kependudukan.

Ditambahkan, sasaran pendidikan kependudukan adalah melalui jalur pendidikan formal, yaitu dari tingkat Sekolah Dasar (SD), hingga Perguruan Tinggi. Sementara untuk jalur nonformal, yaitu melalui Diklat Berjenjang seperti Diklat ASN dan Kepramukaan. Untuk jalur pendidikan Informal, bisa melalui keluarga atau kelompok kegiatan masyarakat.

“Mulai pengetahuan, diharapkan dapat merubah sikap dan perilaku setiap orang dan keluarga untuk sadar kependudukan yaitu membentuk keluarga kecil berkualitas, menyiapkan generasi penerus, menyiapkan hari tua, memperhatikan lingkungan dan daya dukung alam untuk kehidupan,” tuturnya.

Selanjutnya Pemotongan Pita tanda  diresmikannya Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dan Pojok Kependudukan SMP4 Amuntai Selatan oleh  BKKBN Provinsin Kalimantan Selatan serta disaksikan langsung oleh Kepala DPPKB HSU dan Kepala Dinas Pendidikan HSU. (*)

Sumber : Diskominfo HSU
Editor : Del

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kepala DP2KB HSU Anisah Wahid Senang SMP 4 Amsel Jadi Sekolah Siaga Kependudukan "

Post a Comment