Notification

×

Iklan

Iklan

Khidmat, Bupati HSU Pimpin Peringatan Hari Harganas Ke-26 Tingkat HSU

Monday, July 01, 2019 | 01 July WIB Last Updated 2019-07-01T06:45:24Z

Bupati H Abdul Wahid HK saat membacakan sambutan di Momen Harganas Tingkatkan Kabupaten HSU Senin 1 Juli 2019. 



IPN - Amuntai - Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Upacara peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXVI dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK, KKBPK, Kesehatan tingkat Kabupaten HSU tahun 2019, bertempat di Halaman Kantor Bupati HSU, Senin (1/7).

Kegiatan HARGANAS XXVI tahun 2019 dengan tema "hari keluarga hari kita semua, cinta keluarga cinta terencana" dan "Kita gerakkan keluarga dan masyarakat hidup sehat menuju indonesia sejahtera".

Bupati Hulu Sungai Utara H. Abdul Wahid HK saat membacakan sambutan tertulis Plt kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sigit Priouhutomo, mengatakan, program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) di indonesia secara kuantitas dan kualitas cukup menggembirakan.

"Rata rata wanita usia subur melahirkan dari 6,7 persen, pada tahun 1970 menjadi 2,4 persen pada tahun 2018" ujarnya.

Foto bersama di Momen Harganas tingkat Kabupaten HSU. 

Wahid juga menyampaikan, secara kualitas penggunaan alat kontrasepsi melalui jangka panjang untuk mengatur jarak kelahiran dan juga dalam upaya meningkatkan ketahanan kesejahteraan keluarga yang terus berkembang di masyarakat.

Selain itu Wahid juga mengatakan, setiap tanggal 29 juni telah kita peringati hari keluarga nasional sejak tahun 1993, hal ini dilaksanakan sesuai amanat keputusan presiden nomor 39 tahun 2014 tentang hari keluarga nasional.

"karena pemerintah menyadari pentingnya lembaga keluarga dalam membangun suatu bangsa, keluarga merupakan lingkungan pertama dalam membentuk kepribadian anak bangsa dan kehidupan bernegara" tambahnya.

Wahid juga menambahkan, setiap keluarga memiliki fungsi yang disebut 8 fungsi keluarga, fungsi tersebut adalah ; fungsi agama, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi ekonomi, fungsi pendidikan, fungsi reproduksi, fungsi sosial budaya dan fungsi lingkungan.

"melalui 8 fungsi keluarga itu diharapkan disetiap keluarga mengetahui, memahami dan melaksanakan, dimana setiap fungsi tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, melalui 8 fungsi keluarga bila di implementasikan niscaya akan tumbuh anak indonesia yang memiliki karakter kuat dan kepribadian terpuji" harap Wahid.

Wahid juga berharap dengan adanya peringatan hari keluarga nasional sebagai momentum dan pemacu bagi keluarga indonesia untuk terus berupaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar mendapatkan generasi yang berkualitas.

Upacara peringatan hari keluarga nasional xxvi di ikuti Wakil Bupati HSU, unsur Forkopimda, Para Pejabat dan ASN di lingkungan Pemerintah daerah Kabupaten HSU.(*)


Sumber : Diskominfo HSU
Editor : Bai


×
Berita Terbaru Update