Mulawarman Peduli : Sosialisasi Penerimaan TNI Sampai Ke Madrasah Pinggiran


IPN – Amuntai. Lewat "Mulawarman Peduli"  Kodim 1001 Amuntai/Balangan mensosialisasikan Penerimaan TNI ke masyarakat baik lewat pengumuman media cetak , media elektronik bahkan langsung terjun ke sekolah dan madrasah yang tersebar di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Untuk merekrut calon TNI secara maksimal , Danramil dan personel  Koramil 06 yang menaungi Kecamatan Amuntai Utara dan Haur Gading langsung terjun ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 HSU yang terletak di desa Jingah Bujur Kecamatan Haur Gading, Kamis (21/03/2019).



Dandim 1001 Amuntai/Balangan Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi melalui Danramil 06 Amuntai Utara Kapten Inf Mahmud, menyampaikan bahwa kedatangannya adalah untuk menggugah hati 69 siswa siswi kelas XII MAN 5 HSU untuk mengabdi kepada bangsa dengan menjadi prajurit TNI. 
 


Kemudian Kapten Inf Mahmud memaparkan  persyaratan baik untuk Akedemi Militer  , Sekolah Calon Bintara  dan Sekolah Calon Tamtama  untuk  Angkatan Darat, Udara dan Laut.
 


Kemudian Danramil memaparkan mekanisme penerimaan prajurit angkatan darat yang diawali pendaftaran online hingga sidang pemilihan dan dinyatakan lulus untuk masuk pendidikan.

“Perlu diingat proses rekrutmen ini adalah gratis dan tidak dipungut biaya,” tegasnya kepada seluruh siswa kelas XII dimushala madrasah.

Hal penting yang seperti tahapan seleksi juga disampaikan Danramil yakni administrasi , kesehatan, jasmani dan mental.

“Materi seleksi meliputi administrasi yakni pengecekan  tinggi dan berat badan, keaslian ijazah ,  akte kelahiran , Kartu Keluarga, KTP , Surat Keterangan Catatan Kepolisian dan keterangan yang sudah ditentukan dan jika lulu maka akan lanjut ke seleksi administasi,” ungkap Danramil.

Sedangkan seleksi kesehatan yakni pengecekan tensi , mata, THT, gigi dan mulut , haemoroid , varises , penyakit dalam dan laboratorium.

Jika lulus kesehatan akan berlanjut  seleksi jasmani yakni lari 12 menit berapa jarak yang didapat dan dimasukan rumus, pull up   , sit up ,  push up , shuttle run , renang dan postur.

“Setelah lulus kesehatan akan dilanjutkan seleksi mental,  ideology , wawancara , psikologi , ujian tertulis,” terangnya.  


Karena itu Danramil mengingatkan pentingnya arti kesehatan , kecerdasan dan meminta siswa untuk  untuk bertato dan tindik telinga mengingat akan mempengaruhi masa depan sebab akan susah mencari pekerjaan.


Danramil juga berjanji akan melakukan pembinaan  kepada siswa MAN 5 HSU  yang berminat  untuk mengikuti seleksi penerimaan prajurit TNI.  

“Karena itu kami tunggu bakti kalian untuk nusa bangsa,” tutup Danramil. 

Sementara Kepala MAN 5 HSU, Drs.Alpahmi ,MM menyambut baik kedatangan pihak Koramil dan berharap ada siswa yang berminat untuk berkarir di TNI.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mulawarman Peduli : Sosialisasi Penerimaan TNI Sampai Ke Madrasah Pinggiran"

Post a Comment