Notification

×

Iklan

Iklan

“MULAWARMAN PEDULI” KODIM 1001/AMUNTAI DUKUNG KB PRIA

Thursday, March 21, 2019 | 21 March WIB Last Updated 2019-03-21T04:46:19Z

IPN - Amuntai. Melalui “Mulawarman Peduli” Kodim 1001/Amuntai menggerakkan personel Babinsanya untuk mendukung kegiatan Metode Operasi Pria (MOP) vasektomi diwilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Keterlibatan TNI dalam mendukung program KB ini sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu bersama dengan BKKBN dan Dinas kesehatan.

Babinsa Kodim 1001/Amuntai bersama petugas PLKB dilapangan terus berkoordinasi dan saling bahu membahu dalam mensosialisasikan program Pemerintah dalam hal ini Program KB Kesehatan .

Melalui Babinsa, TNI terus menyosialisasikan pada masyarakat akan pentingnya ikut KB, selain merencanakan keluarga, program ini juga menjadi unggulan pemerintah dalam mewujudkan keluarga sejahtera dengan dua anak.


Hal ini terlihat saat Babinsa Kodim  bersama PLKB DPPKB Kab. HSU dan para  Akseptor KB Pria , dengan cerita  dan semangat  bergerak ke kantor DPPKB, Kamis (21/03/2019).

Pelaksanaan KB Pria hari ini diikuti oleh Akseptor MOP sebanyak 30 orang yang berasal dari  desa yang ada di wilayah Kab. HSU.

Komandan Kodim 1001/Amuntai  Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi, S.IP, M.Tr (HAN) melalui Danramil 1001-07 Amuntai Tengah mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk.

“Salah satunya adalah dengan menggalakkan KB bagi kalangan pria untuk mengatur keluarga sejahtera, sehingga terjadi keseimbangan antara jumlah penduduk dengan daya dukung yang disiapkan oleh pemerintah maupun yang sudah disediakan oleh alam, kata Danramil.

Danramil menambahkan bahwa untuk merealisasikan tujuan tersebut, sekaligus dalam kerangka pelaksanaan tugas penyiapan potensi demografi menjadi kekuatan yang tangguh, Kodim 1001/Amuntai melaui personel Babinsanya ikut serta melaksanakan program KB Kesehatan bersama DPPKB Kab. HSU


Danramil juga mengatakan, KB juga penting bagi kaum pria, sebab pria juga memiliki peranan dalam kesehatan reproduksi. Bahkan menurutnya keterlibatan pria dalam KB sudah tidak bisa ditunda lagi.

“Pria juga memiliki peranan dalam pengendalian pertumbuhan penduduk, sehingga penting bagi kaum pria untuk terlibat langsung, termasuk melalui KB vasektomi,” kata beliau.

Menurutnya  vasektomi atau MOP tidak memiliki efek samping bagi pria, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Bahkan MOP justru memberikan banyak kelebihan dalam keluarga, termasuk dalam berhubungan suami istri.


Sumber : Sterdim Amuntai
Editor : MY-01


×
Berita Terbaru Update