Mantap , Universitas Tertua Di Kalimantan Ini Raih Akreditasi A


IPN - Banjarmasin. Universitas Lambung Mangkurat (ULM) akhirnya resmi berstatus akreditasi A dengan skor 365 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hal ini disampaikan Rektor ULM, Prof Sutarto Hadi bersama jajarannya dalam konfrensi pers, Selasa (19/03/2019).

Sebelumnya ULM telah divisitasi tim asessment dari BAN-PT pada 24-26 Februari 2019.

"Alhamdulillah dari dulunya akreditasi C hingga sempat B. Sekarang sudah A," kata Sutarto Hadi.

Menurutnya , naiknya akreditasi kampus ULM hasil kerja sama dari beragam civitas akademik dimana  salah satu indikator perubahan status akreditasi ini lantaran ULM sudah terdapat 21 program studi yang juga akreditasinya naik menjadi A.


Begitu pula untuk publikasi jurnal ilmiah yang terakreditasi secara nasional. Sutarto berkata sampai saat ini ULM sudah memiliki 14 tempat publikasi ilmiah yang terakreditasi. "Paling unggul, ULM punya Journal of Wetlands Environmental Management (IJWEM) yakni  terkait lahan basah," ujarnya.

Selain bidang akademik, Sutarto mengungkapkan kondisi keuangan serta sarana dan prasarana ULM memang mumpuni untuk menyandang akreditasi A. Sutarto mengaku sangat terbantu dengan adanya 12 gedung baru ULM dari pendanaan Islamic Development Bank.

Sutarto tak ingin jumawa atas torehan ini dan ia akan  terus berbenah untuk menaikkan status ULM menjadi Badan Layanan Umum (BLU).

“Dengan BLU,  ULM memungkinkan melakukan pengelolaan keuangan secara mandiri,” katanya.

 Ia menegaskan ULM masih memiliki pekerjaan rumah agar mengikuti sistem akreditasi 9 kriteria yang per 1 April 2019 mendatang oleh BAN-PT.

"Dengan ada aturan baru ini, tidak ada lagi nantinya kampus yang terakreditasi A, B, dan C. Yang ada, cuma predikat unggul, sangat baik, dan baik. ULM berkomitmen untuk menjadi kampus yang unggul," ujarnya.
Masalahnya, kriteria baru yang ditetapkan BAN-PT mensyaratkan agar kampus harus memiliki setidaknya lima persen prodi yang terakreditasi internasional. Sementara semua prodi yang ada di ULM sama sekali belum akreditasi internasional.

Meski begitu, Wakil Rektor I ULM, Aminudin Pratama Putera, mengungkapkan pihak ULM bakal menggenjot 21 program studi yang sudah terakreditasi A agar bisa bertaraf internasional. "Ada enam prodi terlebih dahulu yang akan kami dorong untuk mendapat sertitifikasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA)," kata Aminudin.

Punya waktu lima tahun menyandang akreditasi A dari BAN-PT, Aminudin menyebut ULM terus berkomitmen mempertahankan mutu ULM, khususnya dalam mendorong terciptanya prodi yang terakreditasi internasional.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mantap , Universitas Tertua Di Kalimantan Ini Raih Akreditasi A"

Post a Comment