Dua Juta Lebih Jamaah Hadiri Haulan Abah Guru Sakumpul Ke 14

IPN - Martapura. Kharisma almarhum Abah Guru Sakumpul Syekh Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani tercermin dari lautan umat yang memutih memadati kawasan Sekumpul , tempat dilaksanakannya haul ulama asal Kabupaten Banjar itu pada Minggu (10/03/2019) petang.   

Diperkirakan jumlah jamaah yang hadir mencapai dua juta pada puncak Haul Guru Sakumpul ke 14 ini.

Jamaah yang datang tak hanya di penjuru Kalsel, tapi dari provinsi tetangga seperti Kalteng , Kaltim dan Kaltara bahkan  banyak jamaah datang dari penjuru nusantara dan luar negeri. Banyaknya jemaah haul setiap tahun semakin banyak, menandakan kecintaan sekaligus kerinduan terhadap sosok Abah Guru Sekumpul yang kharismatik.


Tokoh-tokoh daerah hingga nasional pun juga hadir seperti Paman Birin , para Bupati Wali Kota se Kalsel, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Anggota DPR RI Habib Abu Bakar  hingga calon wakil Presiden Sandiaga Uno.

Semua jamaah larut dengan kebaikan dan kemuliaan Abah Guru Sekumpul semasa masih hidup terutama kesantunan dalam memberikan petuah agama.

Prosesi haul Guru Sekumpul dimulai shalat maghrib, dilanjutkan zikir, tahlil, syair maulid habsyi , doa bersama dan shalat isya.

Sementara puluhan ribu relawan yang terdiri masyarakat, aparat kemananan dari TNI, Polri, dan jajaran pemerintahan turut terlibat dengan penuh sukarela. Disepanjang jalan menuju Sekumpul kita banyak mendapati warung-warung gratis yang disediakan bagi para jemaah. Ada juga yang menggelar open house yang mempersilahkan jemaah untuk mampir dan makan.

Belum lagi ribuan rest area dan posko relawan yang juga menyuguhkan makanan minuman hingga pengisian BBM gratis di sepanjang jalan kabupaten Tabalong , Hulu Sungai Utara, Balangan , Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan dan Tapin untuk jamaah yang melintas baik menuju acara maupun pulang nanti.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dua Juta Lebih Jamaah Hadiri Haulan Abah Guru Sakumpul Ke 14"

Post a Comment