Sayang Warga, Bupati HSU Ingatkan Jaga Kesehatan Ginjal



Bupati HSU H Abdul Wahid HK didampingi dr Deby saat melihat warga yang tengah melaksanakan layanan cuci darah di RSU Pambalah Batung.

IPN - Amuntai - Disela kesibukannya dalam melaksanakan pemerintahan di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Drs. H. Abdul Wahid HK, MM.M.Si Bupati Hulu Sungai Utara berkesempatan meninjau dan mengunjungi Ruang Hemodialisis atau Ruang Cuci Darah di RSUD Pambalah Batung Amuntai. Jumat 08.02.2019.

Dalam kunjungannya Bupati Hulu Sungai Utara didampingi Direktur RSUD Pambalah Batung dr. H. Badrus beserta jajaran. Ruang Hemodialisis yang merupakan salah satu unit pelayanan bagi pasien cuci darah mempunyai fasilitas dan peralatan yang lengkap.

Termasuk tenaga medis yang profesional,sehingga setelah selama satu bukan ber operasional pelayanan hemodialisa yang ada di RSUD Pambalah Batung dipenuhi pasien yang tidak berasal dari Kabupaten Hulu Sungai Utara saja namun juga diminati oleh pasien dari daerah lain.
Pasien Ruang Hemodialisis ini mempunyai berbagai keluhan penyakit namun lebih banyak adalah pasien gagal ginjal, seperti yang kita ketahui ginjal merupakan organ vital yang ada di dalam tubuh yang tidak saja sebagai organ imun bagi tubuh namun juga berfungsi sebagai filter atau penyaring berbagai macam unsur yang masuk ke dalam tubuh melalui jaringan darah.




H. Abdul Wahid HK, menyampaikan himbauan dan mengajak masyarakat untuk menjaga ginjal. Hal ini mengingat pentingnya fungsi ginjal di dalam tubuh.
Selain itu Bupati HSU juga berharap agar masyarakat selalu menjaga kualitas kesehatan tubuh dengan selalu mengecek kesehatannya di fasilitas fasilitas kesehatan yang ada di daerahnya.

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara telah menandatangani kerjasama dengan BPJS Kesehatan mengenai program UHC (Universal Health Corporate ) atau pelayanan kesehatan secara semesta oleh karena itu akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat HSU dapat dirasakan tanpa ada hambatan lagi.
Bupati Hulu Sungai Utara juga mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sehingga resiko dari penyakit tidak menular dapat di minimalisir. Penyakit tidak menular yang saat ini trennya sudah lebih tinggi dari penyakit menular menjadi momok tersendiri bagi masyarakat kita.

Seperti, penyakit hipertensi, jantung, diabetes dan stroke yang penyebabnya salah satu dari makanan yang kita konsumsi sehari hari telah menduduki peringkat tertinggi dan menyerang siapa saja  dan berbagai usia. Pelayanan Hemodialisis melayani pasien dengan du shift setiap harinya dan mampu melayani pasien sepuluh orang pasien setiap hari nya. (*)


Sumber : Humpro dan Dikominfo HSU
Editor : Abai

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sayang Warga, Bupati HSU Ingatkan Jaga Kesehatan Ginjal "

Post a Comment