Ketua TP PKK HSU Hj Anisah Wahid, Harap Motif Sasirangan Ikonik Khas Daerah


Ketua TP PKK HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid saat memimpin rapat di Gedung Arsip Setda HSU


IPN -AMUNTAI - Bertempat di Gedung Arsip Setda Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Hj Anisah Rasyidah Wahid berharap melalui koordinasi segala pihak lomba desain sasirangan nantinya dapat menampilkan motif ikonik buat sasirangan khas wilayah ini.

Hal tersebut diungkapkannya usai menggelar rapat koordinasi bersama sejumlah pejabat dan perwakilan SKPD dilingkungan Pemkab HSU diruang rapat arsip Setda HSU, jelang lomba desain sasirangan dan partisipasi Kabupaten HSU pada Hari keluarga Nasional (Harganas) ke-26 tahun 2019 provinsi Kalimantan Selatan mendatang.

Lebih lanjut, Anisah menuturkan, perlunya mengadakan lomba desain sasirangan ini sebagai harapan nantinya dapat menampilkan motif ikonik buat sasirangan dari Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Lomba desain sasirangan ini juga dalam rangka menyambut hari jadi kabupaten HSU ke-67 pada bulan Mei mendatang, dengan sasaran lombanya akan diikuti oleh para pelajar, mahasiswa, para pengrajin serta masyarakat, dari situ dapat dilihat apa saja yang menjadi ciri khas Hulu Sungai Utara melalui desain yang sesuai dengan kearifan lokal yang dimiliki HSU.

" Kita tau kalau motif sasirangan seperti ketupat merupakan motif sasirangan dari Kandangan, motif Langsat dari Tabalong, motif permata dari Kabupaten Banjar, jadi dari lomba ini kita harus menonjolkan juga motif dari Hulu Sungai Utara,  baik itu motif itik, motif teratai ataupun motif kerbau rawa." Kata Anisah yang juga merupakan ketua Dekranasda Kabupaten HSU

Dirinya memastikan lomba desain sasirangan yang akan diadakan oleh Pemkab HSU sesegeranya dapat dilakukan pada bulan Maret, sehingga sebelum hari jadi Kabupaten HSU mendatang desain pemenang lomba tersebut dapat diimplementasikan melalui seragam hari jadi serta dapat dijadikan suvenir sasirangan khas Hulu Sungai Utara.

Oleh karena itu, dirinya menghimbau kepada seluruh SKPD terkait agar dapat menindaklanjuti kegiatan lomba ini dengan segera, sementara untuk kegiatan Harganas Tingkat Nasional yang rencananya akan digelar di bulan Juli mendatang di Banjarmasin, Kendati masih dalam proses perencanaan maksimal Kabupaten Hulu Sungai Utara dipastikan ikut berpartisipasi dalam Harganas tersebut baik untuk persiapan pembukaan stand pameran, maupun keikutsertaan HSU pada lomba-lomba yang akan digelar pada event Harganas tersebut." Pungkasnya.

Sementara itu Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda HSU H Supomo saat memimpin rapat koordinasi mengaku sangat menyambut baik kegiatan yang akan digelar jelang Hari jadi Kabupaten HSU ke-67 maupun partisifasi HSU pada Harganas ke-26 mendatang.

Ia berpesan agar segala persiapan untuk menggelar lomba desain sasirangan dan mengikuti kegiatan Harganas tersebut dapat direncanakan dengan matang dengan berkoordinasi dengan SKPD-SKPD terkait lainnya. (*)


Sumber : Dikominfo HSU
Editor : Abai

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketua TP PKK HSU Hj Anisah Wahid, Harap Motif Sasirangan Ikonik Khas Daerah"

Post a Comment