Bupati HSU Lepas 238 CJH Yang Ikut Tes Kebugaran di Lapangan Pahlawan Amuntai



Bulati HSU H Abdul Wahid HK saat melepas peserta tes kebugaran tubuh bagi CJH tahun 2019.


IPN - Amuntai - Sekitar 238 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Sabtu (15/2) mengikuti pemeriksaan kebugaran dan kesehatan yang dilaksanakan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Acara yang dipusatkan di Lapangan Pahlawan Amuntai tersebut juga dihadiri Bupati H Abdul Wahid didampingi Sekda HM Taupik.

Selain dinas kesehatan, juga hadir Balai kesehatan Olahraga Masyarakat UPT Dinkes Provinsi Kalsel. "Kami sebagai pendamping melihat  petugas di kabupaten hulu sungai utara ini sudah sangat terlatih ini apakah sudah sesuai dengan SOP atau tidak yang tujuannya untuk memastikan para jamaah haji, saat pelaksanaan maupun sampai kembali nanti mereka masih dalam kondisi sehat dan bugar" ungkap H. Agus Mooduto selaku kepala BKPM.

Agus menambahkan dalam tes kebugaran hari ini ada beberapa yang harus di tes yang diantaranya  tekanan darah, pemeriksaan IMT, pemeriksaan lemak tubuh dan lari/jalan cepat selama 6 menit dan bagi di bawah 60 tahun lari 4 kali keliling lapangan.

Bupati HSU H Abdul Wahid HK saat berbincang dengan salah satu CJH

Sebelumnya, H. Nasrullah AR,selaku Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag HSU mengatakan, untuk pendamping akan dibuka penerimaan di Kemenag dua yaitu ibadah dan kloter. Dimana penerimaan tersebut diadakan dalam bulan ini dengan metode tes diantaranya  tes tertulis dan wawancara dengan sistem komputer.

Nasrullah melanjutkan dalam bimbingan manasik akan di ada sebelum bulan Ramadhan yang di antaranya 2 kali di kabupaten dan 8 kali di kecamatan.

Pasangan CJH saat mengisi abseb dalam tes kebugaran

"Nanti akan diberikan surat edaran melalui kepala kantor urusan agama kecamatan untuk menghimbau kepada calon jamaah haji untuk membuat kelompok yang didalamnya berisikan 10 orang dalam 1 regu yang nantinya akan menjadi 40 orang dalam 1 rombongan" lanjutnya.

Bupati pada kesempatan tersebut juga terlihat melakukan cek up kesehatan, dimana sebelumnya melepas para CJH untuk lari keliling lapangan, sebagai rangkaian tes tersebut.(*)



Sumber : Dikominfo HSU
Editor : Abai

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati HSU Lepas 238 CJH Yang Ikut Tes Kebugaran di Lapangan Pahlawan Amuntai"

Post a Comment