TRC BPBD Kab.HSU Bersihkan Sampah Yang Menumpuk Dibawah Jembatan Paliwara

IPN - Amuntai. Sebanyak 15 personel dari anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Hulu Sungai Utara  (HSU)  melakukan kegiatan gotong royong bersihkan sampah yang menumpuk di bawah aliran sungai Jembatan Paliwara, Selasa (22/01/2019). 

Pembersihan sampah tersebut merupakan Kegiatan Pengurangan Resiko Bencana serta kepedulian  BPBD HSU terhadap kelestarian lingkungan. 



Kepala BPBD HSU,  Drs. Sugeng Riyadi  menyampaikan pembersihan sungai ini dilaksanakan karena adanya laporan dari masyarakat, bahwa banyak sampah yang menumpuk dibawah aliran sungai jembatan paliwara. 



"Sampah yang tertumpuk di tempat kita ini adalah kiriman dari daerah tetangga baik itu dari Tabalong dan Balangan mengingat saat ini curah hujan tinggi sehingga sampah tersebut terbawa arus sampai ke daerah kita Kabupaten HSU ini," terangnya.


Sugeng menambahkan bahwa kegiatan ini juga mengantisipasi terjadinya banjir didaerah kita, karena sampah ini menghambat arus air yang mengalir didaerah kita, seadainya dibiarkan takutnya nanti menumpuk dalam jumlah yang besar sehingga mengganggu konstruksi dari jembatan dan jalan yang ada di pinggiran sungai Kabupaten HSU.
 

Terakhir Sugeng menghimbau kepada masyarakat HSU agar tidak membuang sampah kesungai. 

Sampah yang dibuang sembarang ke sungai, justru akan membuat aliran air menjadi tersumbat. Air yang seharusnya bisa mengalir dengan lancar menjadi tersumbat. Sehingga menyebabkan bencana banjir.
 

"Selama musim hujan tolong diperhatikan sampah di selokan. Apalagi warga yang berdekatan dengan aliran sungai. Salah satu penyebab terjadinya banjir itu karena tidak lancarnya aliran sungai yang dipenuhi sampah," tutup Sugeng.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TRC BPBD Kab.HSU Bersihkan Sampah Yang Menumpuk Dibawah Jembatan Paliwara"

Post a Comment