Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab HSU Mengadakan Audiensi dan Sosialisasi Program Peningkatan Mutu Pendidikan

Thursday, January 17, 2019 | 17 January WIB Last Updated 2019-01-17T12:01:54Z

IPN - Amuntai. Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengadakan Audiensi dan Sosialisasi program Peningkatan Mutu Pendidikan  bersama  Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi)   yang dilaksanakan di Mess Negara Dipa, Kamis (17/01/2018).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah, Hj Himmatul Hasanah, Ketua DPRD HSU, Kepala Kejaksaan Negeri HSU, Kapolres HSU, Kementerian Agama HSU, Kepala Dinas Pendidikan HSU dan Kepala Sekolah Pendidik Se Kabupaten HSU.

Dalam sambutannya Hj Himmatul Hasanah menyampaikan bahwa pendidikan sebagai pondasi karakter bangsa merupakan tanggung jawab bersama.  Karena itu peningkatan Mutu Guru Daerah yang menjadi program APKASI merupakan bentuk tanggung jawab terhadap kualitas dunia pendidikan.

“Peningkatan kompetensi guru sangat berguna bagi daerah. Sebab, jika mutu dan kompensasi guru semakin meningkat maka juga akan meningkatkan mutu pendidikan daerah setempat,” tegasnya.

Beliau juga  menambahkan sebagai mitra pemerintah kabupaten seluruh Indonesia,  APKASI  memiliki misi strategis bagi daerah. Misi ini dituangkan ke dalam tugas pokok dan fungsi APKASI yang bermuara pada terciptanya pemerataan yang nyata, pembangunan berkelanjutan dan terciptanya kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Peran guru sangat penting dalam pendidikan dan harus menjadi sosok yang mencerahkan, yang membuka alam dan pikiran serta jiwa, memupuk nilai-nilai kasih sayang,  keteladanan,  prilaku, moralitas, kebhinekaan. Inilah sejatinya pendidikan berkarakter yang menjadi inti dari pendidikan yang sesungguhnya,” terangnya.
 

Sementara Bupati HSU H. Abdul Wahid HK dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Pendidikan HSU  H. Rahmat  , menyambut baik dan ucapan terimakasih atas kehadirian Jajaran Staf ahli Apkasi Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah. 

Bupati HSU menyebutkan bahwa Guru memegang fungsi dan peranan penting dan merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan.

"Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar di ruang kelas karena menjadi kreator dan penentu dalam usaha terciptanya proses dan hasil belajar yang berkualitas, serta berperan sebagai model bagi peserta didik, " kata Bupati.

Ia mengatakan bahwa Tugas utama guru adalah mengembangkan potensi siswa secara maksimal lewat penyajian mata pelajaran. Setiap mata pelajaran, dibalik materi yang dapat disajikan secara jelas, memiliki nilai dan karakteristik tertentu yang mendasari materi itu sendiri.

"Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, misalnya pengembangan kurikulum nasional dan lokal, peningkatan kompetensi guru (SDM) melalui pelatihan, pengadaan buku dan alat pelajaran, pengadaan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan manajemen sekolah, hingga dibentuknya sekolah unggulan, " ungkap Wahid.

Acara kemudian dilanjutkan dengan  foto bersama dan juga Penyerahan Cendramata dari Bupati HSU kepada Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah,  Hj Himmatul Hasanah.


×
Berita Terbaru Update