Debat Perdana Pilpres Bertema Hukum, HAM , Korupsi dan Terorisme


IPN - Pilpres. Debat perdana Pemilihan Presiden (Pilpres) antara pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf dan  pasangan 02 Prabowo-Sandi  yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU)  RI  akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/01/2019) malam ini .

Dalam debat nanti , kedua pasangan capres-cawapres akan beradu visi misi serta program-program kerja yang  mengangkat sejumlah isu yakni  Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme yang akan  diuji oleh para panelis .

KPU menjabarkan bahwa debat Pilpres 2019 edisi perdana  akan terdiri dari enam segmen.

Pada segmen pertama, kedua pasngan capres-cawapres akan lebih dulu menyampaikan visi misi dimana kedua pasangan akan menyampaikannya secara bergantian sesuai dengan nomor urut dengan total durasi keduanya 21 menit 15 detik.


Segmen kedua akan dilanjutkan dengan pendalaman visi misi sesuai  tema yang berdurasi total 24 menit enam detik.  Di segmen ini juga dibagi dalam empat sesi, dimana masing-masing sesi masing-masing paslon akan mendapat pertanyaan dari moderator, dengan dimulai dari pasangan nomor urut 02. Selanjutnya, kedua paslon akan saling menanggapi jawaban dari paslon sebelumnya.

Demikian juga untuk segmen ketiga yakni  pendalaman visi misi sesuai  tema yang berdurasi total 24 menit enam detik.  Di segmen ini juga dibagi dalam empat sesi, dimana masing-masing sesi masing-masing paslon akan mendapat pertanyaan dari moderator, dengan dimulai dari pasangan nomor urut 01. Selanjutnya, kedua paslon akan saling menanggapi jawaban dari paslon sebelumnya.

Di segmen keempat , masing-masing pasangan akan saling bertanya kepada pasangan lainnya dengan tema hukum dan HAM di sesi satu dan dua.

Di segmen kelima  , masing-masing pasangan akan saling bertanya kepada pasangan lainnya dengan  tema korupsi dan terorisme di sesi satu dan dua.

Terakhir debat Pilpres 2019 edisi perdana ini di segmen keenam  akan ditutup dengan dimana masing-masing pasangan menyampaikan pemaparan tertutup.

Pada debat nanti kemungkinan  pasangan Jokowi-Ma’ruf akan lebih banyak diserang dengan isu terorisme mengingat  selama ini ia dikenal berseberangan dengan kelompok Islam yang lebih dekat dengan kubu oposisi.  Pasangan ini  juga dianggap menjadi biang kriminalisasi ulama dari kubu oposisi  termasuk salah satunya pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Sedangkan Prabowo Subianto  diyakini akan kembali diserang dengan isu pelanggaran HAM masa lalu terutama terkait tragedi  Mei 98 dan penculikan aktivis  yang berusaha menurunkan Presiden Soeharto.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Debat Perdana Pilpres Bertema Hukum, HAM , Korupsi dan Terorisme"

Post a Comment