Dinas Kesehatan HSU Melakukan Fogging Satu RT & Tiga Madrasah Di Haur Gading

IPN – Amuntai. Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melakukan fogging di beberapa titik wilayah desa Jingah Bujur Kecamatan Haur Gading, Sabtu  (19/01/2019).

Fogging yang dilaksanakan oleh  5 petugas  ini menindak lanjuti laporan Kepala Desa Jingah Bujur , Hanafi,S.Sos dimana ada satu warga RT.2 dan satu siswa MAN 5 HSU yang positif terserang Demam Berdarah Dengue (DBD) dan masih menjalani perawatan di RS.Pambalah Batung Amuntai.

Hanafi  menjelaskan bahwa setelah menerima laporan  tersebut langsung berkoordinasi dengan PKM Sei Limas  untuk memohon fogging dititik yang terindikasi tempat bersarangnya nyamuk  Aedes Aegypti kepada Dinas Kesehatan HSU

“Lokasi yang di fogging adalah wilayah RT.2 dan seluruh ruang kantor dan kelas di komplek pendidikan di RT.1 yakni MIN Jingah Bujur, MTs Nurul Fajeri dan MAN 5 HSU,” ungkap Hanafi yang memantau langsung pelaksanaan fogging.



Sementara salah satu petugas fogging berharap agar masyarakat dan warga madrasah bisa melakukan pencegahan DBD dengan  memotong siklus penyebaran nyamuk Aedes Aegypti dengan menjaga kebersihan lingkungan mengingat  pertumbuhan nyamuk tersebut  terjadi di dalam air jernih seperti bak mandi, gentong, botol atau kaleng bekas dengan durasi waktu 1-2 minggu untuk menjadi nyamuk dewasa.


Pada kesempatan ini salah satu guru MAN 5 HSU , Hj.Ruhanah mengucapkan terima kasih atas respon cepat dari Kepala Desa , PKM Sei Limas dan Dinas Kesehatan dan berharap adanya  fogging ini tidak ada lagi siswa maupun masyarakat yang terkena DBD.

“Adanya kasus DBD , fogging sebagai  upaya dalam membasmi dan membunuh penyebaran virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes  ,  memberikan  pembelajaran kepada semua unsur untuk menjaga kebersihan  lingkungan agar terhindar dari wabah penyakit berbahaya tersebut,” harapnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dinas Kesehatan HSU Melakukan Fogging Satu RT & Tiga Madrasah Di Haur Gading"

Post a Comment