Notification

×

Iklan

Iklan

Peresmian Rest Area Istana Putri Junjung Buih di Desa Muara Tapus

Thursday, December 20, 2018 | 20 December WIB Last Updated 2018-12-20T13:32:07Z
IPN - Amuntai. Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara Hj, Erlian Noor Fauziah meresmikan rest area Istana Putri Junjung Buih didampingi Sekretaris Daerah HSU,  unsur Forkopimda, Ketua DWP HSU, Wakil Ketua DWP Provinsi Kalimantan Selatan, di desa Muara Tapus Kecamatan Amuntai Tengah, Kamis (20/12/2018).

Dalam persemian rest area istana putri junjung buih adapun juga pengukuhan Dekranasda Kabupaten Hulu Sungai Utara periode 2017-2022 dan pelantikan/pengukuhan Ketua DWP Kabupaten Hulu Sungai Utara Periode 2015-2019.

 

Dalam sambutan Kepala Disperindagkop dan UKM Drs. Akhmad Redhani Effendi menyampaikan, berterimakasih Bupati dan Wakil Bupati HSU dan kepada pihak terkait dan lebih khusus Ketua Dekranasda Kabupaten Hulu Sungai Utara yang telah banyak membantu untuk mensukseskan peresmian launching rest area istana putri junjung buih.

"Rest area ini dikelola oleh UPT pasar wilayah 1 Disperindagkop dan UKM HSU dan di back up oleh Dekranasda, BUMD, SKPD terkait" ucap Redhani

Redhani berharap dengan adanya rest area ini dapat meningkatkan perekonomian UMKM, karna menjadi salah satu sentral promosi dan pemasaran yang ada di Hulu Sungai Utara.

"Dengan adanya rest area ini bertujuan untuk pengunjung atau pengendara yang mampir untuk mencicipi kuliner khas Hulu Sungai Utara sambil beristirahat, sholat dan lain lain" ujar Redhani.

Redhani juga mengatakan rest area ini juga menampung 20 los UMKM  yang di berikan oleh Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi RI, dengan berbagai macam jajanan atau kuliner khas HSU dan juga ada showroom Dekranasda dengan berbagai macam kerajinan olahan ilung, rotan, bambu, tempat bermain anak, tempat mancing, pojok baca, musholla serta ada free wifi.

"Rest area ini juga berfungsi sebagai pusat informasi mengenai objek wisata yang ada di Hulu Sungai Utara," tambah Redhani.

"Semua SKPD di Hulu Sungai Utara, masyarakat dan pihak terkait lainnya untuk berkomitmen untuk menjaga dan mengembangkan rest area ini" pungkas Redhani.

Adapun Menurut Direktur Pengembangan Ekonomi Lokal ,Bahartani Lamakampali mengatakan, kami dari Kementrian Desa PDT dan Transmigrasi RI ingin berkontribusi dalam launching rest area ini dengan keterbatasan anggaran, dengan membuat lapak pedagang UMKM sebanyak 20 los/lapak.



"Apa yang kami lakukan saat ini bisa menjadi bagian dari inspirasi untuk beberapa desa jika ingin melakukan hal yang sama dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat," harap Bahartani.

Dalam sambutan Bupati Hulu Sungai Utara yang diwakili melalui Sekretaris Daerah Hulu Sungai Utara H. Muhammad Taufik menyampaikan, selamat dan sukses pengukuhan dan pelantikan pengurus Dekranasda HSU periode 2017-2022 serta pelantikan Ketua DWP Kabupaten HSU periode 2015-2019.



Peran tugas dari dekranasda harus memajukan dan meningkatkan sektor kerajinan melalui program yang sudah direncanakan dan harus dilaksanakan, sehingga sektor kerajinan di HSU dapat lebih dikembangkan kualitas produk nya agar bisa bersaing dengan produk daerah lain.

Taufik berharap kepada pengurus Dekranasda HSU agar lebih memberikan perhatian, bimbingan, arahan, dan pelatihan bagi pengarajin dan pelaku usaha kerajinan.

"Dekranasda HSU harus dapat menjalin kerjasama dengan dinas terkait dan juga steckholder lainnya untuk mendorong percepatan kemajuan sektor kerajinan di HSU" ujar Taufik.

Adapun Taufik juga menambahkan kepada pengurus Dharma Wanita Persatuan agar mampu memberdayakan kaum perempuan, khususnya para istri ASN agar bisa mengambil peran dalam pembangunan di Hulu Sungai Utara.



"Dharma Wanita Persatuan Hulu Sungai Utara berharap kiprah nya dapat menjadi agen  dan pelaku utama perubahan dalam masyarakat paling tidak mempersatukan istri ASN guna meningkatkan pengatahuan dan kemampuan dalam membantu suami berbakti bangsa dan negara" tambah Taufik.

"Dengan di lantik nya pengurus Dekranasda dan DWP Hulu Sungai Utara hendaknya bersinergi dan berkerjasama dan berkomitmen pada peran dan fungsinya dengan sebaik mungkin dan tanggung jawab" pungkas Taufik.




×
Berita Terbaru Update