-->

Masuk Menit 70 , Dua Gol Xherdan Shaqiri Hantar Liverpool Ke Puncak Klasemen

IPN - IPL. Liverpool kembali ke puncak klasemen pada pekan ke 17 dengan koleksi 45 poin usai sukses menundukkan Manchester United 3-1 di Stadion Anfield, Minggu (16/12/2018). Maka The Reds pun  unggul satu poin atas Manchester City yang kembali tergusur ke peringkat dua. Sedang bagi Manchester United ini adalah kekalahan ke lima pada musim ini dan masih berkutat diperingkat enam dengan 24 poin. 

Gol The Reds Sadio Mane pada menit 24  dan  pemain pengganti Xherdan Shaqiri menjadi pahlawan dengan dua golnya pada menit 73 dan 80, sedangkan gol  Manchester United dicetak  Jesse Lingard pada menit ke 33. 


Pada laga ini ,  Juergen Klop mengusung formasi 4-3-3 dengan  menurunkan tiga penyerang Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane. Trio ini ditopang Naby Keita, Fabinho, dan Georginio Wijnaldum. Di lini belakang kiper Alisson dikawal duet bek tengah Dejan Lovren dan Virgil van Dijk. Mereka dibantu Nathaniel Clyne di kanan serta Andrew Robertson di kiri.

Sementara  Jose Mourinho menurunkan formasi 3-5-2. Marcus Rashford dan Romelu Lukaku menjadi duet di lini depan. Mereka dibantu dua sayap Diogo Dalot dan Ashley Young. Sementara Jesse Lingard, Nemanja Matic, dan Ander Herrera bekerja sama di jantung lini tengah.

Sesuai dengan ciri khas mereka sejak ditangani Juergen Klopp, Liverpool mengusung permainan menyerang. Beberapa kali, barisan depan mengancam gawang tim tamu yang dijaga David de Gea.

Antara menit keenam hingga ke-12, Liverpool melakukan enam tekanan ke gawang Manchester United melalui Roberto Firmino, Fabinho, dan Mohamed Salah.

Manchester juga sempat memiliki peluang. Namun tendangan kaki kanan Marcus Rashford dari luar kotak penalti memanfaatkan sodoran Nemanja Matic berhasil diselamatkan kiper.

Upaya Liverpool mencetak gol akhirnya terwujud pada menit ke-24. Gol yang membawa skuat asuhan Juergen Klopp unggul dilesakkan Sadio Mane.


Gol berawal dari serangan dari sisi kiri yang dibangun Liverpool. Bola kemudian dikuasai Fabinho yang dengan cerdik mengirim bola untuk Mane yang berada di kotak penalti. Mantan pemain Southampton ini sempat menahan bola dengan dada dilanjutkan dengan kaki kiri dan menaklukkan David de Gea.

Namun keunggulan Liverpool tak bertahan lama. Sembilan menit setelah gol Mane, Manchester United membalas melalui aksi Jesse Lingard.


Gol berawal dari serangan balik yang dilakukan skuat "Setan Merah". Bola kemudian diarahkan kepada Romelu Lukaku di sisi kanan pertahanan Liverpool. Penyerang asal Belgia ini berhasil mengirimkan bola ke depan gawang.

Bola sempat ditangkap kiper Allison namun terlepas. Lingard yang melihat kejadian ini segera menyambut bola dan membuat jala gawang Liverpool bergetar. Skor 1-1 bertahan hingga pertandingan babak pertama usai.

Usai jeda, Mourinho menarik Diogo Dalot dan menggantikannya dengan Marouane Felllaini.  Liverpool kembali mengancam melalui tendangan kaki kiri Mohamed Salah. Namun aksi eks pmain AS Roma ini diblok.

Liverpool juga membuat tiga peluang antara menit ke-51 hingga 52. Sundulan Fabinho ke arah gawang berhasil diblok. Dua upaya beruntun yang dilakukan Firmino dan Naby Keita juga gagal membuahkan gol.

Tembakan Firmino ke arah sisi kiri gawang MU berhasil di ditepis dengan tangan kiri oleh De Gea. Bola pantul dimanfaatkan oleh Keita, namun tembakannya masih belum menjebol gawang De Gea.

Liverpool terus mengancam. Beberapa kali mereka berhasil melakukan tekanan namun semua peluang itu selalu gagal karena tak menemui sasaran atau diblok pemain MU.

Akhirnya Klopp membuat keputusan yang tepat ketika menarik Keita dan menggantikannya dengan Xherdan Shaqiri pada menit ke-70. Hanya tiga menit setelah masuk ke lapangan, pemain Swiss berdarah Albania ini membawa timnya kembali unggul. 

Gol berawal dari serangan balik yang dilakukan The Reds. Bola kemudian mengarah kepada Sadio Mane yang berada di sisi kanan pertahanan MU. Dia kemudian melepaskan umpan ke depan gawang.

Bola sempat diblok kiper David De Gea. Bola lalu bergulir dan disambut tendangan Shaqiri. Tendangan pemain Swiss keturunan Albania ini sempat mengenai kaki Ashley Young lalu bergerak ke mistar gawang dan menggetarkan jala gawang MU tanpa mampu diantisipasi kiper De Gea. 


Shaqiri menjadi bintang Minggu malam itu setelah mencetak gol keduanya pada menit ke-80 dan menambah keunggulan Liverpool menjadi 3-1. 

Pemain asal Swiss ini mencetak gol keduanya malam itu setelah mendapat umpan dari Mohamed Salah. Tendangannya sempat mengenai pemain MU namun bola tetap melesak ke gawang De Gea.

Susunan pemain:
Liverpool (4-3-3): 13 Alisson; 2 Nathaniel Clyne, 6 Dejan Lovren, 4 Virgil van Dijk, 26 Andrew Robertson; 5 Georginio Wijnaldum, 3 Fabinho, 8 Naby Keita (23 Xherdan Shaqiri 70); 11 Mohamed Salah, 9 Roberto Firmino, 10 Sadio Mane (14Jordan Henderson 84)

Manchester United (3-5-2): 1 David de Gea, 36 Matteo Darmian, 12 Chris Smalling, 2 Victor Lindelof; 20 Diogo Dalot (27 Marouane Fellaini 46), 14 Jesse Lingard (8 Juan Mata 85), 31 Nemanja Matic, 21 Ander Herrera (11 Anthony Martial 79), 18 Ashley Young; 10 Marcus Rashford, 9 Romelu Lukaku.

Tags :

bm
Created by: Info Publik News

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment