Hadiri Puncak Hari Jadi Ibu ke 90 Tahun, Wabup HSU Minta Kenang Jasa Ibu



Puncak momen Hari Ibu ke 90 tahun Kabupaten HSU


IPN- Amuntai- Puncak peringatan hari ibu ke 90 tahun 2018 kabupaten hulu  utara dengan tema  "bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa" .

bertempat di aula BPKAD HSU, dihadiri oleh Wakil bupati,para asisten,kepala dinas,camat,ketua tp pkk kab hsu,ketua dwp kab hsu,gow,persit kartika chandrakirana, bhayang-kari, aisyiyah, muslimat nu,iwapi,harpi dan serta forum anak hsu,dan undangan lainnya.

Acara didahului dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan pembacaan teks pancasila yang dipimpin oleh wakil bupati hsu H.Husairi Abdi.

Dalam laporannya  ketua panitia pelaksana peringatan hari ibu ke 90 tahun 2018 di kabupaten hulu sungai utara yang juga merupakan ketua organisasi wanita kabupaten hulu sungai utara ibu hj. Sri tardi mengatakan bahwa  hari ibu adalah hari kebangkitan perempuan indonesia dan merupakan persatuan dan kesatuan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan dan perjuangan bangsa.

kaum perempuan indonesia tidak hanya menjadi pengguna hasil pembangunan, namun juga ikut berperan melaksanakan dan berpartisipasi di segenap aspek pembangunan nasional. Peran politik berarti ikut serta dalam proses pengambilan keputusan dalam upaya membentuk keluarga, masyarakat,bangsa dan negara. Perempuan mempunyai posisi yang lebih dekat dengan keluarga dan telah menggunakan sebagian besar waktunya untuk keluarga,anak dan orang tua.

Oleh karena itu kebutuhan spesifik kaum perempuan akan lebih teruntuk ungu apabila perempuan memperoleh akses, dan manfaat dapat berpartisipasi serta melakukan kontrol segenap aspek pembangunan nasional. Perempuan memiliki hak asasi yang sama dan integral dengan hak asasi manusia oleh karena itu perlu dipelihara kodrat, harkat dan martabatnya.

Sebagai ibu bangsa yang berhasil membina keluarga yang harmonis dan sejahtera.Perjuangan perempuan agar bebas dari segala bentuk tindak kekerasan diwujudkan dalam bentuk kesetaraan dan keadilan dalam segenap aspek kehidupan hal ini perlu diupayakan setiap waktu. Kelanjutan perjuangan kesatuan kaum perempuan di indonesia selalu diperingati pada setiap tanggal 22 desember sebagai hari ibu.

 Pada kesempatan ini juga sri tardi selaku ketua panitia pelaksana peringatan hari ibu ke 90 tahun 2018 di kabupaten hulu sungai utara yang juga merupakan ketua gabungan organisasi wanita kab hsu  atas nama pribadi dan organisasi mengucapkan selamat dan sukses kepada bapak bupati hulu sungai utara yang telah mendapat penghargaan APE ( Anugerah Parhita Ekapraya )  suatu penghargaan tertinggi dalam bidang pemberdayaan perempuan. Semoga dengan telah didapatkan nya penghargaan tersebut kita berharap perempuan di kabupaten hulu sungai utara dapat terus menjadi perempuan Mantap, maju mandiri sejahtera  agamis dan produktif yang selalu senantiasa mendukung pemerintah daerah dan bekerjasama membangun kabupaten hulu sungai utara yang lebih baik  seperti halnya saat ini bukti bahwa pemerintah dan organisasi perempuan saling mendukung.

Kehadiran pemerintah khususnya bapak bupati pada setiap kegiatan kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi perempuan. Organisasi perempuan yang dibina oleh dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kabupaten hulu sungai utara juga berkomitmen meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan yang berwawasan gender sebagai bagian citra pembangunan nasional karena mempunyai arti yang penting dalam upaya untuk mewujudkan  kemitra kerjaan yang harmonis antara laki-laki dan perempuan agar dapat terwujud kesetaraan dan keadilan dalam berbagai bidang, khususnya bidang pembangunan maka melalui momentum peringatan  hari ibu ke 90 tahun 2018 kabupaten hulu sungai utara ini mari kita perempuan indonesia khususnya perempuan kabupaten hulu  sungai utara tidak hanya menjadi pengguna hasil pembangunan namun juga ikut berperan melaksanakan  dan berpartisipasi di segenap aspek pembangunan nasional.

Wakil bupati hulu sungai utara H.Husairi Abdi,Lc dalam sambutannya menyambut baik dan mengapresiasi  atas terlaksananya puncak peringatan hari ibu ke- 90 tahun 2018  di kabupaten hulu sungai utara, pada kesempatan ini wakil bupati atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat hari ibu ke 90 tahun 2018 kepada para ibu di kabupaten hulu sungai utara dan berharap mudah-mudahan dengan momentum peringatan  hari ibu ini untuk dapat mendorong kita agar  lebih mengenang jasa-jasa ibu sehingga kita dapat meningkatkan rasa kasih sayang dan hormat kita serta menghargai jasa-jasa mereka, peringatan hari ibu ini setiap tahunnya diadakan karena bertujuan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan di indonesia yang telah berjuang bersama-sama dengan laki-laki merebut kemerdekaan dan berjuang meningkatkan kualitas hidup dan masyarakat.

Dilain sisi kata husairi bagi generasi muda pada peringatan hari ibu telah mewariskan  nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang tidak pernah luntur bentuk mempertebal tekad dan semangat untuk bersama-sama melanjutkan dan mengisi pembangunan dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan dan ke gotong royong and pada dasarnya perempuan dan laki-laki memiliki peran dan kedudukan yang setara dalam mencapai tujuan negara serta dalam memperjuangkan kesejahteraan di semua bidang pembangunan seperti bidang pendidikan, ekonomi, sosial, politik, dan hukum. menurut husairi bahwa perempuan dan laki-laki juga mempunyai kesempatan akses serta peluang yang sama sebagai sumber daya pembangunan sebagaimana target yang harus dicapai dalam tujuan pembangunan nasional jangka menengah dan jangka panjang.

Acara dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh ketua tp pkk kab hsu sebagai rasa syukur dalam pelaksanaan kegiatan peringatan hari ibu ke - 90 tahun 2018 tingkat kabupaten hulu sungai utara, serta beberapa penampilan seperti senam japin dan peragaan busana kebaya oleh ibu-ibu Harpi Melati HSU. (*)


Sumber : Dikominfo HSU
Editor : Abai

Subscribe to receive free email updates: