Notification

×

Iklan

Iklan

Hadiri Hari Ikan Nasional Bupati HSU Kampanye GEMARIKAN Pada Warga

Monday, December 31, 2018 | 31 December WIB Last Updated 2018-12-31T14:26:41Z


Bupati HSU H Abdul Wahid HK saat hadiri acara GEMARIKAN yang dilaksanakan oleh Disnan HSU Senin 31 Desember 2018



IPN - Amuntai- Dinas Perikanan Pemerintah Daerah Kabupaten HSU Peringati Hari Ikan Nasional ke- 5 dengan tema "Dengan Protein Ikan, Kita Membangun Bangsa". Bertujuan untuk mewujudkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN).

Kegiatan yang dilaksanakan yaitu: sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) melalui makan bakso ikan bersama, penyerahan hadiah lomba kinerja kelompok, penyerahan asuransi nelayan secara simbolis, demonstrasi cara pengolahan produk perikanan, dan hiburan musik. Kegiatan dilaksanakan di Dinas Kesehatan Kabupaten HSU, dihadiri oleh Bupati Kabupaten HSU, TP PKK Kabupaten HSU, Dharma Wanita Kabupaten HSU, Kepala SKPD yang bergabung dalam forum peningkatan makan ikan Kabupaten HSU, SKPD yang terkait perikanan Kabupaten HSU, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten HSU, Pimpinan Asuransi PT. Jasindo Kabupaten Tabalong, Pemerhati Perikanan Kabupaten HSU, Camat Kabupaten HSU, Kepala Desa yang terkait dalam kegiatan perikanan Kabupaten HSU, masyarakat yang bergabung dalam kelompok perikanan Kabupaten HSU.

"Latar belakang Hari Ikan Nasional ke- 5 tahun 2018 adalah mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional, ikan memiliki peran yang penting dan strategus dalam pembangunan nasional termasuk dalam bidang ekonomi serta pangan untuk masyarakat. Hari Ikan Nasional di Kabupaten HSU merupakan puncak dari rangkaian kegiatan oleh tim forum peningkatan konsumsi ikan yang kegiatannya meliputi pembudayaan makan ikan di Kabupaten HSU, gerakan memasyarakatkan makan ikan pada anak sekolah dan kampung KB kesehatan. Telah dilakukan sosialisasi tentang ikan dan manfaat konsumsi ikan dan kerjasama dengan dinas kominfo Kabupaten HSU untuk ditayangkan di TV Kabupaten HSU, mengikuti pameran pada hari jadi Kabupaten HSU dengan mempromosikan olahan ikan, mengikuti lomba pengolahan ikan bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten HSU." Kata plt. Dinas Perikanan Kabupaten HSU (Ir. Ismarlita)

"Hari Ikan Nasional (HAKANNAS) ditetapkan berdasarkan  keputusan presiden RI No. 3 Tahun 2014 tentang Hari Ikan Naaional dan bertepatan dengan peringatan World Fiheries Day atay Hari Perikanan Dunia. Pada tahun ini, kita kembali memperingati HAKANNAS yang ke- 5 dengan tema "Dengan Protein Ikan, Kita Membangun Bangsa". Kata Bupati Kabupaten HSU (H. Abdul Wahid, HK, MM, MSi)

"Tema tersebut ditetapkan tentunya dengan pertimbangan bahwa ikan memiliki peran yang penting dan juga strategis serta sangat relevan, untuk mendukung program pemerintah dalam hal pembangunan nasional, melalui perbaikan gizi masyarakat mengingat ikan sebagai bahan pangan dan sumber protein memiliki keunggulan antara lain: kandungan omega 3 tinggi, sangat baik untuk perkembangan mata, otak dan jaringan syaraf, komposisi asam amino lengkap dan mudah dicerna serta diserap tubuh." Lanjutnya

Bapak Bupati juga menyampaikan bahwa keragaman ikan yang tinggi dari jenis, bentuk, warna, rasa dan ukuran sehingga dapat juga diolah lebih lanjut menjadi berbagai macam produk olahan, keragaman harga yang dapat memenuhi semua segmen kelas ekonomi.

"Kita harus melaksanakan kegiatan kampanye peningkatan konsumsi ikan melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan, khususnya di Kabupaten HSU untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaat ikan, menumbuhkan kreatifitas dalam mengolah ikan untum keperluan konsumsi dan usaha kuliner sebagai sumber pemdapatan keluarga, serta mendekatkan ikan kepada masyarakat." Himbau Bupati Kabupaten HSU

Penyerahan hadiah pada kelompok perikanan dan petugas berprestasi diberikan kepada petugas pengolah data kelautan dan perikanan terbaik 2 tingkat nasional, pemenang lomba kinerja kelompok tingkat  Provinsi Kalimantan Selatam dan tingkat Kabupaten HSU, kelompok masyarakat pengawas yang berhasil mengamankan ilegal fishing. Penyerahan hibah bantuan saranan prasarana perikanan dari danan APBD berupa sarana perikanan lengkap, Perikana  budidaya dan pengawasan, dari dana APBN Kementerian Kelautan dan Perikanan RI berupa sarana pengolahan. Penyerahan asuransi hasil kerjasama Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan pihak asuransi (PT. Jasindo). Penyerahan sertifikat hak atas nelayan dan pembudidaya hasil kerjasama dengan Badan Pertahanan Kabupaten HSU. (*)


Sumber : Dikominfo HSU
Editor : Abai


×
Berita Terbaru Update