Tersedia Empat Kolom Untuk Foto Istri Di Kartu Nikah

IPN – Info Medsos. Beredar di media sosial, sebuah gambar yang disebut sebagai kartu nikah. Gambar tersebut menunjukkan sebuah kartu menyerupai kartu ATM berwarna kuning dengan tulisan “Kartu Nikah” berada di bagian tengah atas. Di pojok kiri atas terdapat gambar burung garuda Pancasila. Sementara di pojok kanan atas terdapat logo Kementerian Agama.


Tampak depan terdapat kolom foto untuk pria, chip berwarna coklat emas, serta kolom tempat – tanggal menikah. Sementara tampak di bagian bawah, yang dianggap sebagai bagian belakang kartu, terdapat empat kolom yang disediakan untuk foto istri.

Dirjen Binmas Islam , Prof. Dr. H. Muhammadiyah Amin, M.Ag memastikan bahwa desain kartu nikah yang beredar itu palsu alias hoax. Bukan desain resmi dari Kemenag.

Berbeda dengan kartu nikah yang dirilis Kemenag dengan latar hijau dan ada logo Kemenag, kartu nikah palsu yang viral memiliki latar warna kuning. 

Di bagian tengah terdapat tiga kotak. Dua kotak di bagian atas untuk foto pasangan pengantin, sementara kotak bagian bawah akan diisi kode batang atau barcode yang jika dipindai akan muncul data-data lengkap tentang peristiwa nikah pemiliknya. Data tersebut tersinkronisasi dengan data pada Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah).

Sementara, pada bagian belakang kartu terdapat terjemahan ayat Alquran Surat Ar-Rum : 21. Pada bagian bawah kartu, terdapat cap hologram Menteri Agama Republik Indonesia disertai tahun pembuatan kartu.


Terkait kartu nikah ini, Amin menegaskan bahwa penerbitan kartu nikah hanya untuk mereka yang baru akan menikah. Bagi yang sudah menikah sebelumnya maka hanya akan memiliki buku nikah.

"Kartu nikah ini hanya untuk perkawinan ke depan, jadi bukan yang dulu-dulu," ujar Amin.

Subscribe to receive free email updates: