PGRI Amuntai Selatan Tuan Rumah Peringatan Hari Guru Di Kabupaten HSU



IPN - Jakarta. Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November tersebut ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.  Hari Guru Nasional sebagai tanda terbentuknya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Hari Guru Nasional bermula dari organisasi perjuangan guru-guru pribumi pada zaman penjajahan Belanda yang berdiri pada tahun 1912.


Organisasi tersebut bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang beranggotakan dari berbagai guru dengan latar pendidikan yang berbeda-beda.
Dengan berkembangnya PGHB, kemudian muncullah organisasi-organisasi guru yang lain.

Masing-masing terdiri dari Persatuan Guru Bantu (PGUB), Perserikatan Guru Desa (PGD), Persatuan Guru Ambachtsschool (PGAS), Peserikatan Normaalschool (PNS), Hogere Kweekschool Bond (HKSB), dan masih banyak lagi. Di tahun 1932, PGHB diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Peringatan Hari Guru Nasional di beberapa negara bahkan dijadikan hari libur nasional. 

Sementara  Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ,  Drs. H. Rahmat, MM mengatakan bahwa puncak peringatan Hari Guru Nasional untuk HSU setiap tahun dilaksanakan secara bergiliran oleh pengurus PGRI Kecamatan . Dimana tahun ini bertindak tuan rumah penyelenggara adalah PGRI Amuntai Selatan  dan rencananya dilaksanakan pada Selasa , 27 November di lapangan bola Telaga Silaba dengan bertindak sebagai pembina upacara adalah Bupati HSU  H. Abdul Wahid HK.

Berikut adalah Pidato Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan yang akan dibacakan pembina upacara Hari Guru Nasional : 

 





Subscribe to receive free email updates: