Hasil Pilkades Jingah Bujur Kecamatan Haur Gading

IPN – Amuntai. 24  desa   dari 10 Kecamatan di wilayah kabupaten Hulu Sungai Utara melaksanakan  Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades ) periode 2018 – 2023 hari ini , Rabu (21/11/2018). Pilkades tersebut  diikuti 77 calon kepala desa dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 17.964 orang.  Salah satunya adalah desa Jingah Bujur  di Kecamatan Haur Gading, dimana tiga calon bersaing untuk merebut hati 482 daftar pemilih tetap (DPT) yang terdiri 231 laki-laki dan 251 perempuan.


Sekretaris panitia pemilihan Ahmad Mahrani,S.Sos merincikan bahwa ketiga calon Kepala Desa adalah Khairullah (petahana), Hanafi dan Muriadi. Sedangkan tingkat partisipasi pemilihan cukup tinggi yakni 376 orang yang menggunakan hak pilih dalam bilik suara yang disediakan panitia. 


Menyinggung adanya DPT yang absen , Mahrani menjelaskan bahwa mayoritas mereka hari ini berada diluar daerah baik untuk berdagang maupun ada acara keluarga. 

Sementara Plt.Camat Haur Gading  Muhammad Syarif Fajerian Noor saat memantau jalannya Pilkades hingga perhitungan suara , mengapresiasi tingginya tingkat partisipasi warga Jingah Bujur terlebih pelaksanaan Pilkades berjalan tertib dan lancar. “Terima kasih kepada 3 calon, panitia, masyarakat dan aparat keamanan dari Koramil dan Polsek Amuntai Utara sehingga Pilkades bisa berjalan tertib dan lancar,” ucapnya. 


Syarif  meminta kepada semua pihak untuk menerima hasil Pilkades, sebab itu adalah pilihan masyarakat sendiri. “Ini hari bersejarah , semua calon harus legowo, siap menang dan kalah,” tambahnya.

Terakhir Syarif juga berharap setelah Pilkades , masyarakat Jingah Bujur bersatu ,tidak berkotak-kotak , saling membantu dan mendukung pemenang untuk menjalankan roda pemerintahan  dan  pembangunan desa  khususnya titian panjang yang mulai rusak.

Adapun hasil perhitungan suara Pilkades Jingah Bujur adalah Hanafi (No.2) meraih 164 suara, Muriadi (No.3) meraih 119 suara dan Khairullah (No.1) meraih 84 suara dan 9 suara tidak sah. 

 
Usai perhitungan suara, calon Kepala Desa Jingah Bujur Terpilih Hanafi,S.Sos mengucapkan terima kasih kepada warga atas dukungan dan kepercayaannya. Hanafi juga mengajak semua kandidat berperan aktif membantunya menjalankan roda pemerintahan desa. “Usia saya masih muda (25 tahun) , dangkal akan pengalaman dan ilmu pengetahuan jadi sewajarnya saya butuh bimbingan, teguran dan dukungan dalam menjalankan tugas,” harap pria jebolan MAN 5 Amuntai dan STIA Amuntai ini. 


Selanjutnya setelah Hanafi ditetapkan sebagai calon yang terpilih, maka panitia akan melaporkan ke Badan Permusyawaratan Desa (BPD), setelah itu ke Kecamatan untuk diproses dan di SK kan oleh Bupati dimana  pelantikan  akan dilaksanakan pada bulan Desember tahun 2018. 

(Rep/Editor: MY)
 






Subscribe to receive free email updates: