Blunder Kiper, Timnas Indonesia Takluk Dari Thailand

IPN – Bangkok. Timnas Indonesia harus takluk  4-2 dari Thailand terus di AFF Suzuki Cup 2018 di Stadion Nasional Rajamangala ,  Sabtu (17/11/2018). Dengan hasil ini langkah Indonesia semakin berat untuk lolos ke semifinal  mengingat hanya memiliki satu laga sisa menjamu  Philipina (25 November) yang saat ini memiliki poin 6 dengan dua laga sisa ( menjamu Thailand dan away ke Indonesia). Sedangkan Singapura memiliki poin yang sama dengan Indonesia yakni 3 tetapi masih memiliki dua laga sisa (Away ke Thailand dan menjamu Singapura).

Awan Setho yang dipasang sebagai kiper utama justru membuat blunder disaat Indonesia sudah unggul 1-0 lewat Zulfiandi. Tendangan sudut melengkung Korrakot Wiriyaudomsiri  menit 38 tak mampu ditangkap  Awan Setho. 


Pasukan Milovan Rajevac  berbalik unggul setelah kemelut dimuka gawang Awan Setho usai tendangan bebas  dimana sapuan  bola pemain Indonesia justru ke kaki Pansa Hemviboon, dari jarak dekat ia menceploskan bola . Thailand memimpin di menit 45 +3 . 

Babak kedua anak asuh Bima Sakti terus menekan tetapi harus kecolongan. Berawal dari sapuan tidak sempurna Awan Setho, bola justru jatuh ke pemain Thailand dimana  Adisak Kraisorn mencetak gol ketujuhnya turnamen ini  dengan sentuhan indah untuk mengalahkan dua pemain belakang Indonesia untuk  melepaskan tendangan mematikan yang membuat Awan Setho yang tak berdaya.

Thailand menambahkan lebih banyak garam ke luka dengan gol keempat pada menit ke-74.  Serangan balik cepat dari pertahanan Thailand usai digempur,  Sanrawat Dechmitr mengirim   untuk Pokklaw Anan, yang mengambil kesempatan dengan untuk melambungkan  bola setelah Awan Setho maju dari gawangnya

Indonesia sukses memperkecil skor lewat sundulan Fachruddin Aryanto menit 89, memanfaatkan sepak pojok Riko Simanjuntak . Indonesia hampir kembali mendapat gol usai tendangan keras  Evan Dimas tak ditepis Sivarak Tedsungnoen .




Pelatih Bima Sakti mengaku anak asuh nya bermain dengan organisasi yang bagus di babak pertama dimana mampu memimpin lebih dulu tetapi akibat membuat terlalu banyak kesalahan yang membuat tuan rumah menang.

Bima merasa bahwa laga ini menegaskan Thailand mampu meraih gelar gelar ketiga mereka secara berturut-turut.

" Thailand memiliki banyak pemain bagus di posisi lini tengah , depan dan mereka juga melakukan dengan baik dari set piece,” kata Bima



Tentang permainan Awan Setho yang hari ini tampil starter sebagai kiper Indonesia, Bima mengaku bertanggung jawab. Dia ia mainkan karena saat latihan tampil bagus dan oleh karena itu hari ini kita beri kepercayaan.

"Kita melihat Andritany sudah main dua kali full saat lawan Singapura dan Timor Leste. Kami lihat perkembangan Awan Setho sangat baik selama latihan," tambah Bima.

Pada pertandingan terakhir nanti , pasukan Bima Sakti akan menghadapi Filipina di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (25/11/2018).

Subscribe to receive free email updates: