Pesona Alam Pulau Samber Gelap

IPN – Kotabaru . Kotabaru adalah sebuah kabupaten di Kalimantan Selatan yang ternyata banyak memiliki objek wisata eksotis yang sayang untuk dilewatkan meski masih banyak yang belum tahu.  Salah satunya adalah Pulau Samber Gelap, dengan luas kurang lebih 5 Ha, pulau ini menawarkan keindahan alam dan pasir putih yang lembut serta batu karang yang mempesona. Ditambah lagi gelombang laut yang tenang, menjadikan Samber Gelap destinasi para penggila snorkling dan diving.




Rubrik Info Wisata Minggu ini mengangkat Pulau Samber Gelap yang dikutip dari tulisan Muhammad Iqbal untuk mempromosikan Wisata Alam di Kotabaru.



Pulau Samber Gelap  juga menyuguhkan sunrise terbaik , pilihan yang tepat bagi wisatawan yang suka berjemur di pantai.  Bagi fotografer jangan melewatkan sunset dengan berlatar  bebatuan di Pulau Samber Gelap. 





Jika beruntung , waktu malam hari wisatawan  bisa melihat langsung proses penyu saat bertelur. Wisatawan juga bisa melihat langsung peternakan dan jika kalian datang disaat umur penyu sudah siap lepas. Wisatawan juga bisa turut melepas para penyu ke laut lepas.  






Samber Gelap yang cukup jauh dari kota berdampak tidak adanya kativitas jual beli di sana. Disarankan kalian membawa bekal yang cukup dan juga alat masaknya.

 

Alat snorkel dan diving  wajib dibawa  sendiri dari rumah karena pulau ini belum menyediakan fasilitas tersebut. Samber Gelap adalah wisata laut, jadi sediakan perlengkapan pribadi seperti sunscreen, sunblock, topi serta kaos yang nyaman untuk suasana pantai. Dan juga perlengkapan pribadi lainnya, karena ingat di sini tidak ada aktifitas jual beli ataupun penawaran jasa.



Perlu diketahui bulan yang disarankan untuk menuju kesana yaitu bulan April, Mei, Oktober, November dan Desember di mana angin yang bertiup yaitu “angin Barat”. Selebihnya tidak disarankan kerena gelombang laut lagi tidak bersahabat, transportasi laut sulit dilewati. 

 



Rute perjalanan bagi wisatawan asing / luar daerah adalah dari Banjarmasin menempuh 8 jam perjalanan darat , tiba  di pelabuhan Ferry Batulicin, setelah itu kita menyebrang ke dermaga Tanjung Serdang  selama 15 menit. Dilanjutkan ke dermaga Kampung Hilir Muara selama 3 jam. Dari dermaga Kampung Hilir Muara perjalanan dilanjutkan dengan perahu warga selama 5 jam menuju Pulau Samber Gelap.



Perjalanan cepat bisa ditempuh dengan menggunakan pesawat dari Bandara Syamsudinoor dengan tujuan Bandara Sjamsir Alam Kotabaru dengan jarak tempuh 40 menit dan diteruskan melalui jalur darat selama 20 menit ke Dermaga Siring Laut. Selanjutnya menggunakan speedboat selama 2 jam dari dermaga menuju Pulau Samber Gelap. 











Subscribe to receive free email updates: