249 Calon Jamaah Haji Ikuti Tes Kebugaran

IPN – Amuntai. Sebanyak 249 calon Jemaah haji kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti tes kebugaraan yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kab.HSU di Gedung Olahraga Karias Amuntai, Sabtu (24/11/2018).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan HSU dr. H. Agus Fidliansyah mengatakan Dinas Kesehatan Kabupaten HSU selaku panitia kesehatan haji melaksanakan tes kebugaran untuk melihat kemampuan jantung dan paru setiap jamaah calon haji dengan rincian 238 orang jamaah dan cadangan 11 orang jamaah. 
 “Banyak sekali jamaah calon haji usia lanjut dalam kondisi bugar sedang, kita akan latih terus jamaah lansia agar jantung dan parunya bugar. Kita akan lihat tingkat kebugaran dan tindakan apa yg harus dilakukan sesuai dengan advice dari dokter,” tambahnya.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, para jamaah calon haji juga  mengikuti latihan lari keliling lapangan sepak bola 1600 meter sebanyak 4 kali putaran. Kalau tidak dapat berlari, maka diperbolehkan jalan cepat, dan berjalan 6 menit dengan jarak 20 meter untuk lansia. Kemudian dicek nadi, nafas, dan tekanan darah untuk mengetahui kebugaran jantung dan parunya. 


“Saya harap jamaah haji yang sudah mengetahui kondisi kebugaran bisa mempertahankan kondisi fisik dan meningkatkan kemampuan fisik,” pesannya. 

“Sebagai tambahan nanti akan ada vaksinasi meningitis dan influenza yang dilaksanakan 1 bulan sebelum keberangkatan calon jamaah haji,” lanjutnya.

Subscribe to receive free email updates: