SGI Gelar English Is Fun di Siswa Madrasah Aliyah


Terlihat trainer dari SGI saat melakukan pemberdayaan masyarakat di MA yang ada di HSU



IPN - Pemberdayaan masyarakat berbasis sekolah melalui English Is Fun
Sekolah Guru Indonesia mempunyai program pemberdayaan kemasyarakatan yang berbasis sekolah. Salah satunya adalah program belajar mengajar bahasa inggris yang menarik ”English Is Fun”. Program ini bertujuan agar pola mengajar bahasa inggris guru di kelas lebih inovatif dan menjelaskan tata cara belajar bahasa inggris yang benar. Program “English is Fun” ini dilaksanakan di MA Ukhuwwah untuk kelas 3 yang terdiri dari 35 orang dan disaksikan langsung oleh guru bahasa inggrisnya.
Kebanyakan dari mereka merespon pelajaran bahasa inggris sangat kurang disenangi, entah pelajarannya yang sulit atau metodologi gurunya mengajar. Saya pun menjelaskan tntng beberpa logat bhs.inggris yang paling populer digunakan, kemudian cara penyebutan huruf yang tepat, cara berbicara cepat, bahkan mengenal stressing dalam pengucapan yang benar. Hal inilah unsur-unsur dalam bahasa inggriss yang mereka juga perlu kuasai untuk menunjang masa depan mereka nanti.
Setelah itu, trainer membagikan beberapa kertas kecil yang didalamnya telah terdapat huruf alfhabet di tiap-tiap kelompoknya, Kelompok 1 vs kelompok 2 dan kelompok 3 vs kelompok 4. Permainan diberi nama Guess of Word (Tebak Kata), siswa disuruh untuk memikirkan kata-kata bahasa inggris apa aja yang mereka tahu sesuai bentuk huruf yang ada dalam kotak apakah itu mendatar maupun menurun layaknya permainan teka-teki silang. Metode permainan sangat mengasah otak anak dalam menambah referensi vocabulary mereka.
Semoga dengan sedekah ilmu ini mampu memotivasi guru bahsa inggris mereka agar lebih kreatif lagi dalam mengajar yang bukan hanya terpaku dengan rumus tenses saja tapi dilatih speaking mereka juga. Karena bahasa itu di katakan bukan ditulis.

Penulis : Trainer Muh. Wahyuddin S. Adam, M.Pd

Foro

Subscribe to receive free email updates: