Gong Dipukul Wabup HSU, Tandai Pertikrada Tingkat Kalsel Resmi Dibuka



Disambut seni sinoman hadrah



AMUNTAI - Pemukulan gong oleh Wakil Bupati Hulu Sungai HSU H. Husairi Abdi Lc, menandai secara resmi membuka Giat Perkemahan Bhakti Satuan Karya Bhayangkara Tingkat Daerah  (Pertikrada) Kalimanatan Selatan tahun 2018, yang digelar bumi perkemahan stadion Karias Amuntai. Selasa (16/10)

Pembukaan  Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara Tingkat Provinsi Kalsel  2018 ini sendiri diawali dengan upacara pembukaan Pertikarada Kalsel, oleh Dir Binmas Polda Kalsel Kombes Pol Drs.Tata Suwarta, MH yang bertindak sebagai pembina upacara.



Disamping dihadiri Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, Lc, tampak hadir pula Dandim 1001 Amuntai - Balangan Letkol CPN Sundoro Agung Nugroho (HAN) beserta sejumlah jajaran, Kapolres HSU AKBP Agus Sudaryatno, bersama sejumlah jajarannya, Kapolres Tabalong AKBP Hardiono, Ketua Cabang Gerakan Pramuka HSU H. Hermani Johan, Kepala Dinas Pendidikan Kab. HSU H. Rahmat, Waka Polres HSU H. M. Tukiman, Para Kasat Binmas Jajaran Polda Kalsel, Para Pamong dan seluruh panitia serta seluruh peserta Pertikarada Kalsel Tahun 2018.




Pembukaan pembukaan Pertikarada ini juga dimeriahkan dengan persembahan tari pesona ilung taguna oleh para pelajar Saka Bhayangkara Polres HSU, Penampilan senam kreasi gatur lalu lintas oleh anggota pramuka saka Bhyangkara Polres HSU, serta penampilan Polisi Cilik (Pocil) Banua Polres HSU yang menambah semarak pembukaan Pertikarada yang digelar di Kabupaten HSU tahun 2018 ini.

Dalam amanatnya Kapolda Kalsel yang dibacakan oleh Dir Binmas Polda Kal-Sel Kombes Pol Drs Tata Suwarta .MH. selaku pembina upacara mengatakan, adapun tujuan pelaksanaan kegiatan Pertikarada ini adalah "Untuk mempersiapkan dan membentuk generasi-generasi muda yang berkebangsaan,mampu memimpin bangsa yang kuat dimasa depan, disiplin, inopatif, dan tangguh guna menghadapi era globalisasi dan kemajuan teknologi dimasa kini "katanya.

Ia menambahkan pembentukan karakter yang tangguh bermanfaat bagi generasi muda merupakan hal yang sangat penting dan bahkan menentukan nasib bangsa dimasa depan, oleh karenanya peranan gerakan Pramuka  berdasarkan Kemendikbud RI Nomor 63 tahun 2016 tentang pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler sekolah yang diharapkan dapat membentuk karakter muda gerakan Pramuka. Melalui kegiatan Pertikrada inilah sebagai persiapan sebagai terima estafet pengelolaan bangsa Indonesia.

Dirinya berharap, kepada seluruh peserta Pertikrada, baik Pamong maupun pendamping agar dapat melaksanakan kegiatan ini dengan baik, sehingga melalui kegiatan ini dapat menjadikan generasi muda yang bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, memiliki kepribadian yang kuat, tangguh, memiliki rasa persaudaraan serta menumbuhkembangkan rasa kebangsaan, berjiwa Pancasila dan undang-undang dasar 1945." Pungkasnya.

Usai menggelar upacara pembukaan diakhir kegiantan Dir Binmas Polda Kalsel, Wakil Bupati HSU, Dandim, Kapolres HSU dan rombongan lainnya berkesempatan meninjau langsung lokasi perkemahan masing-masing sembari menyapa kepada peserta perwakilan 13 Kabupaten/kota se Kalimantan Selatan.

Adapun Kegiatan Pertikrada Kalsel tahun 2018 dilaksanakan dari tanggal 16 s/d 19 Oktober 2018 dengan Tema " Pramuka sebagai pelopor kreatifitas pemuda dalam pengembangan budaya serta inspirator muda yang berkualitas  cemerlang".MUDA-KRETIF-MENGISFIRASI (MANTAP) yang diikuti oleh Para Kwartir saka Bhayangkara di Jajaran Polda Kalsel dari 13 Kabupaten/kota ditambah 1 kontingen dari Ditpol Airud Polda Kalsel  dengan jumlah peserta seluruhnya sebanyak 468 orang ternasuk tim kesehatan, Binadamping dan pamong.

Sementara itu, perlombaan yang dilaksanakan selama kegiatan Pertikrada Kalsel tahun 2018 terdiri dari lomba Pionering Specta, Drama Krida Saka, Senam Lantas, PBB, Cerdas Cermat, Penyuluhan Anti Narkoba, Pentas Seni, Master Chef,  Festival Budaya, Kebersihan Tenda putera dan putri, Kontingen Terfavorit putra dan putri. (*)

Sumber : Dikominfo
Editor : Abai

Subscribe to receive free email updates: