Notification

×

Iklan

Iklan

Disdukcapil HSU Pilih Main ke Desa Jemput Bola untuk Maksimalkan Rekam Data e-KTP

Thursday, September 27, 2018 | 27 September WIB Last Updated 2018-09-27T00:50:58Z
Sosialisasi e-KTP pada masyarakat desa agar segera melakukan rekam data oleh Disdukcapil HSU


AMUNTAI - Mendekati Akhir Tahun 2018, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kembali lagi menggulirkan jemput bola dalam program percepatan perekaman data e-KTP sekaligus sosialisasi pembuatan dokumen kependudukan dibeberapa desa di beberapa kecamatan di Kabupaten HSU.

Seperti baru ini yang dilakukan Tim Disdukcapil Kabupaten HSU di desa Sapala Kecamatan Paminggir. Rabu (26/9).Meski menempuh jarak yang terbilang jauh dengan menggunakan mobil dan selanjutnya menggunakan  perahu motor sekita 1 jam  dari dermaga desa Danau panggang.

Dengan membawa peralatan sederhana untuk perekaman data E- KTP Seperti leptop, printer, kamera dan lainnya
kedatangan Tim Disdukcapil yang melakukan kegiatan percepatan perekaman e KTP sekaligus sosialisasi pembuatan dokumen kependudukan didesa Sapala kecamatan Paminggir kali ini, disambut antusias oleh puluhan warga desa, tua, muda serta sebagian pelajar SMK setempat.

Kepala Desa Sapala Ernani dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih atas kedatangan Tim rekam data e-KTP Disdukcapil HSU didesanya meski begitu jauh datang dari ibu kota kabupaten.

" Kami berterimakasih kepada Disdukcapil HSU yang memilih desa Sapala untuk melakukan jemput bola, karenanya kami merasa terbantu, tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke kecamatan atau ke Kantor Disdukcapil di Amuntai
 Ujar Ernani.



Dirinya berharap agar warganya dapat memanfaatkan kedatangan Tim rekam data e-KTP Disdukcapil kali ini dengan sebaik-baiknya, terutama kepada warganya yang sama sekali tidak pernah melakukan perekaman data KTP elektronik.

Selain itu, dirinya juga terkejut melihat antusiasme warganya yang begitu besar mengikuti rekam data dan sosialisasi kali ini, yang menurutnya melebihi target semula, ditambah antusias para pelajar pemula." Imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil HSU Hj. Ida Rimalina mengatakan, Kegiatan ini merupakan Pelaksanaan percepatan pencapaian target nasional perekaman e-KTP tahun 2018 di tempat-tempat seperti Desa yang selama ini banyak dari penduduk nya tidak mempunyai KTP terutama e-KTP.

"Ada sekitar 40 desa 219 desa di Kabupaten HSU yang ditargetkan untuk pelayanan perekaman e-KTP dan lainnya, oleh karenanya warga desa Sapala sepatutnya bersyukur sebagai salah satu diantara 40 desa target program ini " ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya menekankan kepada seluruh masyarakat agar wajib memiliki KTP, disamping sebagai identitas diri, KTP juga berguna untuk berbagai hal seperti keperluan berobat bagi tua, muda pembuatan buku tabungan, SIM, Paspor, dan lain sebagainya serta sebagai salah satu syarat untuk dapat terdaftar sebagai peserta pemilih dalam Pemilu 2019 mendatang.

Sedangkan bagi warga yang berumur 23 tahun, dan sama sekali tidak memiliki KTP sampai dengan akhir 31 Desember 2018 maka diharapkan dapat sesegeranya melakukan pembuatan KTP, yang dikhawatirkan data Kartu Keluarga dimilikinya akan dilakukan pembekuan atau pemblokiran oleh Dukcapil Kemendagri." Pungkasnya.

Adapun selama tahun 2018 ini melalui program percepatan pencapaian target nasional perekaman e-KTP, Disdukcapil HSU berupaya untuk menuntaskan program pemerintah tersebut salah satunya dengan melakukan jemput bola, melakukan pelayanan langsung rekam data e-KTP ke desa-desa, sekolah serta menggelar kegiatan sosialisasi tentang pentingnya KTP sebagai warga negara Indonesia (*)

Sumber : Dikominfo
Editor : Abai


×
Berita Terbaru Update