Notification

×

Iklan

Iklan

Zainal Fuad Asal Kabupaten HSU Wakili Provinsi Kalsel Kategori Fashion di Ajang Kreativesia

Sunday, August 27, 2023 | 27 August WIB Last Updated 2023-08-27T10:57:35Z


Zainal Fuad (kanan) saat foto bersama perwakilan pemerintah daerah

SOLO -IPN- Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengirimkan lima orang pemuda sebagai perwakilan untuk mengikuti Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia (Kreativesia) Tahun 2023, yang di selenggarakan di Kota Solo Jawa Tengah, 24-28 Agustus 2023.


Dari kelima pemuda tersebut, Zainal Fuad asal Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terpilih menjadi perwakilan Provinsi Kalsel sebagai peserta Kreativesia Tahun 2023 Kategori Fashion.


"Alhamdulliah ulun (saya) dari Kabupaten Hulu Sungai Utara dipercaya untuk mewakili Provinsi Kalsel dalam kegiatan Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia 2023," ucap Fuad, Sabtu (26/8/2023).


Fuad mengatakan, dalam pekan tren fashion kali ini, ia memilih mengangkat kain tenun khas Pagatan sebagai representasi dari Kalimantan Selatan. Meskipun Kalimantan Selatan biasanya dikenal dengan kain sasirangan, pilihan ini menjadi alternatif yang menarik untuk memperkenalkan secara lebih luas.


"Kalau selama ini Kalsel terkenal dengan kain sasirangan, kali ini ulun memperkenalkan kain tenun dari Pagatan (Kabupaten Tanah Bumbu)," jelas Fuad.


Foto bersama Pj Ketua PKK HSU



Lebih lanjut, Fuad juga menjelaskan, untuk tema desain busana kali ini dirinya mengangkat tema "Mappanretasi" atau lebih dikenal dengan Pesta Laut atau Pesta Pantai.


Seperti diketahui, pesta pantai merupakan sebuah upacara adat Suku Bugis di Pantai Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. 


Mappanretasi berasal dari bahasa Bugis yang terdiri dari dua kata yaitu Ma’ppanre yang berarti memberi “makan” dan Tasi berarti “laut”. Jadi Mappanretasi, artinya memberi makanan di laut.


"Jadi lewat desain fashion kali ini, pesan yang disampaikan bagaimana orang pesisir berterimakasih dengan laut dengan hasil yang melimpah," tuturnya.


Ia berharap, dengan mengenalkan kain khas Kalimantan Selatan ini, para pengrajin akan termotivasi untuk meningkatkan produksi mereka secara signifikan.


"Harapannya dengan saya memperkenalkan ini di kancah nasional, produk khas Kalimatan Selatan semakin dikenal lebih luas dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," pungkasnya.


Seperti diketahui Kreativesia merupakan event bergengsi se-Indonesia yang menjadi agenda tahunan Kemenpora RI. Tahun 2023 ini ajang tersebut digelar di Surakarta, Jawa Tengah.


Dengan mengusung tema “Tantangan tak terbatas untuk menjadi kreatif di bidang sosial, budaya, ekonomi, dan pemanfaatan teknologi digital”. Bertujuan untuk meningkatkan kreativitas para pemuda Indonesia di berbagai bidang seperti teknologi, seni, budaya, dan sosial.


Dalam sambutanya Menteri Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Penyelenggaraan Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia 2023 merupakan upaya kita bersama untuk merayakan dan memberikan penghargaan kepada individu, komunitas, dan lembaga yang telah menghasilkan karya-karya kreatif dan gagasan inovatif yang luar biasa.


Kreativesia merupakan panggung untuk menginspirasi dan mempromosikan kreativitas dalam segala bentuknya, mulai dari seni, desain, teknologi, inovasi, hingga industri kreatif yang semakin berkembang di negara kita. 


"Saya berharap kegiatan ini dapat memunculkan kolaborasi antara para pelaku industri kreatif, komunitas, akademisi, private sector dan pemerintah dalam mewujudkan visi bangsa kita menuju masa depan yang lebih baik." tutupnya.


Sumber: Diskominfosandi HSU untuk Info Publik News

Uploder: Tim



×
Berita Terbaru Update