Notification

×

Iklan

Iklan

Disdikbud dan Kantor Kemenag HSU Gelar Pentas PAI tahun 2023

Tuesday, June 20, 2023 | 20 June WIB Last Updated 2023-06-20T12:41:21Z


Peserta lomba


AMUNTAI -IPN-  Kegiatan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Kab. Hulu Sungai Utara Tahun 2023 digelar bersama oleh Kantor Kementerian Agama Kab. Hulu Sungai Utara, Dinas Pendidikan HSU, dan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kab. Hulu Sungai Utara di kota Amuntai pada Selasa (20/6/23).

Pembukaan Pentas PAI dilangsungkan di halaman depan Kantor Kementerian Agama Kab. Hulu Sungai Utara dan dibuka secara resmi oleh Ahadi Ilhami, Sekretaris Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Hulu sungai Utara, dihadiri Plh. Kepala Kantor Kemenag HSU, Pengawas Pendidikan agama Islam jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK, Pengurus AGPAII Kab. HSU, dan para peserta dan guru pendamping. Total peserta berjumlah 359 siswa, terdiri dari siswa-siswi SD, SMP, SMA/K se-Kab. Hulu Sungai Utara.

Pentas PAI ini merupakan agenda tahunan,yang pada tahun ini mengusung tema “Menumbukan semangat juang dalam upaya mewujudkan generasi Islami yang cerdas, beriman dan bertakwa sesuai dengan semangat Islam rahmatan lil'alamin”








Sekretaris Disdikbud HSU Ahadi saat membuka kegiatan


Pada kesempatan ini, Ahadi menyambut baik keberadaan Pentas PAI ini dan bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Utara akan sepenuhnya akan terus mendukung kegiatan ini.

“Kami berharap kegiatan ini membawa keberkahan bagi kita semua, dan bisa meningkatkan kompetensi dan keterampilan yang harus siswa bina dan asah di bidang Pendidikan Agama Islam”, ujarnya.

Ia pun memberikan semangat kepada para peserta agar dapat berjuang menghasilkan yang terbaik dan berlomba secara adil. Dimana menurutnya dengan melakukan yang terbaik maka hasil yang diperoleh juga akan yang terbaik.

Pada kesempatan sambutan sebelumnya Plh. Kepala Kantor Kemenag HSU sekaligus Kasi PAIS Kantor Kemenag Kab. Hulu Sungai Utara, Hapizi, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Hematnya, Pentas PAI sebagai ajang pengembangan kemampuan dan kreativitas siswa yang berhubungan dengan mata pelajaran PAI di sekolah.

“Kami sangat menyambut baik atas berlangsungnya Pentas PAI ini. Kami harapkan melalui Pentas PAI ini menjadi tempat mengembangkan kemampuan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diajarkan di sekolah untuk diimplementasikan dalam berbagai bidang lomba di Pentas PAI ini”, ucap Hapizi pada sambutannya.

Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta atas antusiasnya mengikuti perhelatan tahunan Pendidikan Agama Islam tersebut, berikut pula ucapan terimakasih kepada para panitia dan guru pendamping.

“Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta, siswa dari SD sampai dengan SMA/K yang telah antusias mengikuti acara ini. Juga terimakasih kepada guru pendamping dan panitia dari AGPAII yang telah mempersiapkan Pentas PAI sehingga dapat terlaksana hari ini”, ucapnya.

Hapizi kemudian berharap agar kegiatan ini memberikan motivasi kepada siswa maupun guru untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan keagamaan Islam lainnya di sekolah masing-masing.

Pentas PAI Kab. Hulu Sungai Utara Tahun 2023 melombakan enam dari delapan bidang lomba yang terdapat pada Pentas PAI, yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Hifdzil Qur’an, Lomba Pidato PAI, Lomba Cerdas Cermat, Lomba Debat PAI, dan Lomba Kaligrafi bertempat di beberapa lokasi yaitu; MAN 1 HSU, SMPN 1 Amuntai, dan Gedung PGRI HSU. Sementara bidang lomba yang tidak disertakan ialah Lomba Seni Nasyid dan Lomba Kreasi Busana.

Peserta yang menjadi juara pada Pentas PAI tingkat kabupaten akan dikirim mengikuti Pentas PAI tingkat provinsi Kalimantan Selatan bulan Agustus nanti, sementara tingkat nasional diagendakan pada bulan September 2023 mendatang. (*) 



Sumber: Disdikbud HSU untuk Info Publik News

Penulis: Adi

Uploder: Tim



×
Berita Terbaru Update